Advertisement

Festival Gerobak Sapi Jadi Ajang Kreatifitas Para Bajingan

Abdul Hamied Razak
Senin, 21 Agustus 2023 - 08:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Festival Gerobak Sapi Jadi Ajang Kreatifitas Para Bajingan Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa sela Festival Gerobak Sapi, di Lapangan Watuadeg Wukirsari Cangkringan, Minggu (20/8/2023). Ist - humaspemkabsleman

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Keberadaan alat transportasi tradisional gerobak sapi perlu terus dilestarikan. Selain untuk daya tarik wisata, keberadaan gerobak sapi menjadi wadah kreatifitas para bajingan (pengemudi gerobak sapi).

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa pun mengapresiasi dan mendukung kegiatan festival gerobak sapi yang diikuti oleh para bajingan. Dia berharap kegiatan ini menjadi sarana untuk melestarikan dan mempromosikan alat transportasi tradisional gerobak sapi.

Advertisement

BACA JUGA: Sambut HUT RI, Pemuda Glagahmalang Gelar Festival Gerobak Sapi

Selain itu, kata Danang, festival tersebut dapat menjadi wadah bagi para peternak dan bajingan untuk berkreasi menghias gerobak sapi dan mencari bibit pejantan betina sapi Jawa.

“Dengan adanya kegiatan ini dapat menambah populasi sapi jawa dan memotivasi semangat para peternak sapi. Apabila gerobak sapi menang nanti dapat juga meningkatkan harga jual sapi-sapinya yang tentunya memiliki pengaruh ekonomi,” jelasnya di sela Festival Gerobak Sapi, di Lapangan Watuadeg Wukirsari Cangkringan, Minggu (20/8/2023).

Festival digelar untuk merayakan Ulang Tahun ke-15 Paguyuban Gerobak Sapi Pangrekso Andhini Karyo dan Dies Natalis Fakultas Kedokteran Hewan UGM serta memeriahkan HUT RI ke 78. Selain Danang, hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Dekan FKH UGM bidang Penelitian, Pengabdian Masyarakat, Kerja Sama dan Alumni UGM, Aris Haryanto.

Danang menyampaikan bahwa Sleman memiliki banyak komunitas gerobak sapi (badjingan), sehingga even seperti ini dapat menjadi wadah untuk menunjukan kreativitas dalam menghias gerobak sapi dan menunjukkan keunggulan sapi-sapinya.

Ketua Paguyuban Pangrekso Andhini Karyo, Tri Haryono mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan dan mulai diadakan kembali tahun 2023 setelah sempat vakum karena pandemi covid-19. Ia menambahkan bahwa Festival ini adalah kerjasama paguyuban dengan FKH UGM dan telah ditandatangani dengan MoU. 

BACA JUGA: Ingin Piknik Bareng Bajingan? Ini 4 Wisata Gerobak Sapi di Jogja

“Pada tahun ini dari undangan yang disampaikan sejumlah 80, terdapat 76 gerobak sapi yang hadir dan berasal dari beberapa paguyuban gerobak sapi se-Kabupaten Sleman,” jelasnya.

Dalam festival ini juga menggelar lomba bagi para bajingan untuk gerobak sapi dengan hiasan dan kreasi terbaik kemudian sapi pejantan dan betina terbaik yang akan dinilai dari tim dosen FKH UGM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

DKI Jakarta Masuk Kategori 50 Kota Maritim Terkemuka di Dunia

News
| Rabu, 15 Mei 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement