Advertisement

Tingkatkan Kunjungan Wisata, Festival Prawirotaman Digelar 2 Hari

Media Digital
Jum'at, 25 Agustus 2023 - 23:57 WIB
Sunartono
Tingkatkan Kunjungan Wisata, Festival Prawirotaman Digelar 2 Hari Penerbangan balon menadai Festival Prawirotaman yang dilakukan Sekda Jogja Aman Yuriadijaya (tengah) didampingi Kepala Dinas Pariwisata Wahyu Hendratmoko (kiri) dan Kepala DInas Perdagangan (kanan)Veronica Ambar Ismuwardani, Jumat (25/8/2023). - Harian Jogja/Triyo Handoko.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Festival Prawirotaman akan digelar lagi tahun ini yang berlangsung selama dua hari dimana tersaji berbagai kegiatan dari atraksi seni, fashion show, hingga kirab budaya. Dalam praacara Festival Prawirotaman, Pemkot Jogja menyebut kegiatan ini untuk menunjang pariwisata Kota Jogja.

Sekretaris Daerah (Sekda) Jogja Aman Yuriadijaya dalam bincang praacara tersebut menjelaskan Pasar Prawirotaman memiliki potensi wisata yang terus dikembangkan. “Ada potensi sunset di rooftop ini, lalu kulinernya juga luar biasa, kegiatan wisata juga kerap digelar di rooftop ini,” ujarnya, Jumat (25/8/2023).

Advertisement

BACA JUGA : Kendalikan Inflasi, 3 Kios Milik Pemkot Jogja di 3 Pasar Jadi Acuan Harga

Aman menyebut potensi ekonomi di Pasar Prawirotaman tidak hanya perdagangan tapi juga ada wisata karena letaknya yang strategis dan fasilitasnya yang cukup lengkap. “Meskipun pasar, Pasar Prawirotaman ini juga didesain untuk coworking space sehingga dapat dimanfaatkan generasi milenial. Dimana ada ruang studio foto, podcast, sampai fasilitas editing,” paparnya.

Tak hanya kuliner, jelas Aman, Pasar Prawirotaman juga menyediakan berbagai hal yang bisa dinikmati wisatawan. “Potensi tersebut kami harap dapat mengungkit daya tarik wisata, termasuk dengan menyelenggarakan Festival Prawirotaman ini,” katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Jogja Wahyu Hendratmoko menjelaskan Festival Prawirotaman ini bagian dari event rutin tahunan. “Tahun ini sudah yang ketiga kalinya diselenggarakan dengan tema Flower of Universe, ada beragam kegiatan yang pasti menarik bagi wisatawan,” ujarnya.

Wahyu menyebut pemilihan akhir pekan dilakukan karena menurut prediksi dinasnya kunjungan wisatawan akan melonjak. “Sehingga bisa menawarkan kegiatan wisata bagi turis yang berkunjung juga untuk memecah titik kunjungan wisatawan,” tuturnya.

Festival ini juga bertujuan untuk mempromosikan Pasar Prawirotaman agar kunjungannya terus meningkat. “Segementasi kawasan Prawirotaman juga turis mancanegara, kegiatan ini juga bertujuan menjaga kunjungan wisatawan mancanegara tersebut,” ucapnya.

Salah satu penjaja kuliner di Pasar Prawirotaman, Intan mengapresiasi kegiatan tersebut. “Kami juga sering difasilitasi dengan berbagai kegiatan dan program oleh Pemkot Jogja, fasilitasi ini sangat membantu sekali,” jelasnya.

Intan yang menjajakan kuliner western ini menyampaikan tiap tahun jumlah kunjungan ke Pasar Prawirotaman selalu meningkat. “Sekarang sudah cukup ramai sekali, ekonomi berputar disini dan kami para tenant ini akan selalu mendukung program Pemkot Jogja,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jokowi Cermati Nama-nama Calon Pansel KPK Sebelum Diumumkan

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement