Advertisement

Pemkot Jogja dan Baznas Bantu Penyandang Disabilitas

Media Digital
Selasa, 29 Agustus 2023 - 21:47 WIB
Maya Herawati
Pemkot Jogja dan Baznas Bantu Penyandang Disabilitas Penjabat Wali Kota Jogja, Singgih Raharjo (tengah berbaju batik) saat menyalurkan bantuan kepada warga penyandang disabilitas, Selasa (29/8/2023). - Harian Jogja - Yosef Leon Pinsker

Advertisement

JOGJA—Pemkot Jogja bersama dengan Baznas Kota Jogja menyalurkan bantuan kepada warga difabel di Kampung Pajeksan, Kelurahan Sosromenduran, Kemantren Gedongtengen. Bantuan diberikan agar penyandang disabilitas mampu meningkatkan kapasitas usaha mereka dalam memenuhi kebutuhan ekonomi. Bantuan yang diberikan berupa modal usaha Rp500.000, gerobak jualan serta paket sembako.

Penjabat Wali Kota Jogja, Singgih Raharjo mengatakan bantuan itu merupakan upaya untuk memberdayakan difabel dan masyarakat yang membutuhkan. Sebelumnya, warga yang menerima bantuan itu berjualan dengan peralatan seadanya, sehingga membutuhkan peralatan baru untuk kelancaran usahanya. "Karena sebelumnya peralatannya sangat minim dan belum mendukung, maka kami berikan gerobak serta perlengkapannya seperti payung, kompor, dan lainnya. Kami juga memberikan modal usaha sehingga nanti penerima bantuan tinggal melengkapi bahan dan siap berjualan," kata Singgih saat ditemui, Selasa (29/8/2023).

Advertisement

Menurut Singgih, bantuan yang diberikan merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan warga. Terlebih kepada para penyandang difabel dan masyarakat pra sejahtera yang masih semangat dalam berkarya di tengah keterbatasan. "Semoga bantuan ini bisa bermanfaat untuk berkarya lebih baik lagi serta memberikan rezeki kepada keluarga dan menjadi berkah," ujarnya.

BACA JUGA: MK Membolehkan Kampanye di Sekolah, Dewan Pendidikan DIY: Perlu Aturan Jelas

Salah seorang difabel yang menerima bantuan, Roni Hendramawan mengaku bersyukur atas perhatian Pemkot Jogja dan Baznas. Dia berharap bantuan itu bisa bermanfaat untuk menjalankan usaha kuliner yang dia rintis. "Dulu saya berjual ikan dan sekarang mencoba usaha kuliner karena segmennya lebih luas," katanya.

Roni merupakan penyintas polio yang sebelumnya berjualan ikan hias. Doa berjualan dengan sepeda motornya dan biasa mangkal di sejumlah sekolah SD di seputaran Kauman dan Lempuyangan dengan pendapatan Rp80.000-Rp100.000 per hari. “Penghasilan tidak menentu, yang penting bisa ditabung untuk kebutuhan sehari-hari," ujarnya.

Saat Baznas Kota Jogja menawarkan bantuan kepada pelaku usaha kecil di wilayahnya, ia mengajukan diri untuk menjadi penerima. Roni mengaku mau mengganti model usaha agar pendapatan yang dihasilkan lebih mencukupi. Dia beralih ke sektor kuliner dengan berjualan ayam dan tahu krispi, serta pangsit goreng. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

World Water Forum 2024, Presiden WWC: Saatnya Jadi Pendekar Air

News
| Senin, 20 Mei 2024, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement