Advertisement

Pemkab-Polres Kulonprogo Sepakat Bersama Tangani Penanganan Korupsi di Pemerintahan

Catur Dwi Janati
Selasa, 12 September 2023 - 23:57 WIB
Arief Junianto
Pemkab-Polres Kulonprogo Sepakat Bersama Tangani Penanganan Korupsi di Pemerintahan Kapolres Kulonprogo, AKBP Nunuk Setyowati (kanan) dan Pj. Bupati Kulonprogo Ni Made Dwipanti Indrayanti menandatangani kesepakatan penanganan korupsi pada penyelenggaraan pemerintah daerah, Selasa (12/9/2023). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Polres Kulonprogo dan Pemkab Kulonprogo menjalin kerja sama dalam rangka mewujudkan penanganan tindak pidana korupsi pada penyelenggaraan pemerintah daerah yang efektif dan efisien.

Kerja sama ini mengutamakan audit internal dari Pemkab melalui peran Inspektorat Daerah untuk memastikan ada tidaknya unsur tipikor.

Advertisement

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan kesepakatan bersama dan perjanjian kerja sama antara Kapolres Kulonprogo, AKBP Nunuk Setyowati dan Pj. Bupati Kulonprogo Ni Made Dwipanti Indrayanti.

Kapolres Kulonprogo, AKBP Nunuk Setyowati menuturkan pada prinsipnya kerja sama penanganan tipikor antara Polres dan Pemkab Kulonprogo sudah terjalin sejak lama. Akan tetapi belum ada kesepakatan tertulis terkait optimalisasi kinerja penanganan laporan atau pengaduan masyarakat yang berindikasi tindak pidana korupsi pada penyelenggaraan pemerintah daerah.

"Ini sebenarnya juga sudah berlangsung lama untuk kurun waktu yang cukup lama. Namun secara hitam putih belum ada kerja sama yang pernah dibuat. Sehingga ini merupakan inovasi dari Kasatreskrim, untuk mewujudkan kerja sama ini," kata Nunuk di Ruang Rapat Sanika Satyawada Polres Kulonprogo, Selasa (12/9/2023).

BACA JUGA: Kerahasiaan Identitas Pelapor Kasus Korupsi Dijamin KPK

Dalam kerja sama ini, penanganan tipikor akan mengedepankan audit internal dari pemkab terlebih dahulu. Yakni melalui peran Inspektorat Daerah untuk memastikan ada tidaknya unsur tipikor dalam setiap auditnya.

"Jadi di sini Perjanjian Kerja Samaitu kurang lebihnya bagaimana ketika Polres Kulonprogo akan menanganani tindak pidana korupsi yang dikedepankan adalah perannya dari Irda. Jadi nanti dari Inspektorat daerah akan melaksanakan audit investigasi terlebih dahulu," tegasnya

Di samping itu Nunuk menambahkan meskipun kasus tipikor di Kulonprogo termasuk rendah, kerja sama ini diharapkan tetap terjalin dengan baik dan dapat ditingkatkan kembali.
  
Pj. Bupati Kulonprogo Ni Made Dwipanti Indrayanti mengapresiasi dan mendukung kerja sama yang disepakati. Kerja sama ini diharapkan Made menjadi kemajuan besar terhadap upaya pencegahan dan penanganan tipikor di Pemkab Kulonprogo. Utamanya untuk menghindari risiko kerugian keuangan negara serta dapat berdampak positif pada optimalisasi pelayanan pada masyarakat.

"Ini akan menjadi satu titik tolak bagaimana kedepannya kita bisa melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya, masyarakat itu butuh kepastian dan penanganan yang cepat dan tepat," tegas Made.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Golkar Targetkan Kemenangan Pilkada 2024 di Atas 70%

News
| Sabtu, 27 April 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement