Advertisement

Mencegah Fenomena Kumpul Kebo, Satpol PP Jogja Merazia Indekos

Yosef Leon
Jum'at, 15 September 2023 - 17:17 WIB
Maya Herawati
Mencegah Fenomena Kumpul Kebo, Satpol PP Jogja Merazia Indekos Ilustrasi Pasangan / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Jogja menggencarkan razia usaha pondokan atau indekos guna mengantisipasi munculnya fenomena kumpul kebo. Pengawasan ini merupakan amanat dari  Perda Kota Jogja No. 1/2017 tentang Penyelenggaraan Pondokan.

Kepala Seksi Pembinaan Potensi Masyarakat Satpol PP Kota Jogja Ferry Suprapto mengatakan, belum lama ini pihaknya merazia usaha pondokan di wilayah Kampung Dipowinatan, Kelurahan Keparakan, Kemantren Mergangsan, Kota Jogja. Hasilnya ditemukan penghuni pondokan yang berpasangan, tapi belum resmi menikah atau kumpul kebo.

Advertisement

"Untuk mengantisipasi terjadinya lagi ke depan kami akan sosialisasi dan pemantauan agar warga Kampung Dipowinatan yang memiliki pondokan tidak melakukan pelanggaran," ujarnya Jumat (15/9/2023).

Menurut Ferry, pelaku usaha pondokan yang kedapatan melanggar aturan dalam Perda No.1/2017 nantinya akan diberikan peringatan lebih dahulu melalui teguran lisan dan tertulis. Jika diulangi bukan tidak mungkin petugas akan menindak pengusaha pondokan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

BACA JUGA: Bukan Kereta Api, Kemenhub Condong Pakai Bus Rapid Transit untuk Kawasan Borobudur

Selain itu, jika warga masih belum ada efek jera akan dilanjutkan dengan program bimbingan agar pemilik usaha tidak mengulanginya kembali. "Ke depan harapannya setiap pemondok berhak mendapatkan perlindungan, keamanan, dan kenyamanan bagi warga sekitar,"ujarnya.

Salah satu warga Kampung Dipowinatan RT 05 RW 01 Subur Raharjo yang juga pengusaha pemondokan mengungkapkan terima kasih atas kunjungan dan silaturahmi dari Satpol PP Kota Jogja. Lewat pemantauan itu ke depan semakin memberikan pelayanan terbaik bagi penghuni yang ada di indekosnya.

"Terima kasih kunjungan dan silaturahmi ini. Harapannya ini sebagai ajang untuk mengingatkan. Justru saya tidak keberatan, semoga kelanjutan usaha saya bisa lebih baik lagi," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabar Susunan Kabinet Prabowo, Gerindra: Belum Ada yang Resmi

News
| Minggu, 28 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement