Advertisement

Update Tol Jogja Solo Seksi 1, Pembebasan Lahan Capai 92 Persen

Sunartono
Sabtu, 16 September 2023 - 08:07 WIB
Sunartono
Update Tol Jogja Solo Seksi 1, Pembebasan Lahan Capai 92 Persen Proses pengerjaan konstruksi berupa pekerjaan timbunan dan pemasangan box drainase tol Jogja Solo di wilayah Mlati, Sleman, Senin (11/9/2023). - Harian Jogja - Sunartono.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pembebasan lahan tol Jogja Solo seksi 1 saat ini sudaj mencapai 92 persen. Sejumlah bangunam warga sudah banyak yang dirobohkan.

PPK Tol Jogja Solo Dian Ardiansyah menjelaskan pembebasan lahan tol Jogja Solo seksi 1 atau wilayah DIYruas Klaten - Purwomartani memang belum seluruhnya tuntas, akan tetapi sudah menunjukkan perkembangan positif.

Advertisement

"Belum semua, untuk seksi 1 yang wilayah DIY progress-nya sudah 92 persen," katanya Jumat (15/9/2023).

BACA JUGA : Terdampak Tol Jogja-Solo, Ratusan Pohon di Ring Road Bakal Kena Gusur

Rumah warga terdampak tol Jogja Solo seksi 1 yang sudah dibebaskan pun sudah banyak yang dirobohkan. Salah satunya di Pedukuhan Tegalrejo Tamanmartani, Kalasan, Sleman. Berdasarkan pantauan Harianjogja.com, sebagian besar warga terdampak tol Jogja Solo memilih lebih awal mengosongkan rumah.

Mereka sebagian besar mengosongkan secara mandiri kemudian menjual sejumlah perabotan atau material yang sekiranya tidak dipakai kepada pengepul barang bekas. “Sebenarnya belum jatuh tempo [pengosongan rumah] tetapi warga terdampak berinisiatif untuk mengosongkan dan beberapa di antaranya ada material yang dijual oleh pemilik rumah,” ujar Tarjo, salah satu warga terdampak.

Manager Humas PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM) selaku pengelola Tol Jogja Solo Rachmat Jesiman Putra optimistis tola Jogja Solo akan tersambung dengan Jogja Bawen di 2024 mendatang. Saat ini untuk ruas Jogja Solo seksi 1 memang belum ada pengerjaan konstruksi dan masih proses pembebasan lahan.

“Semua berproses termasuk yang di Klaten-Puwomartani ini juga sedang di lakukan land clearing di beberapa titik, rumah yang sudah dibebaskan kemudian dikosongkan,” ujarnya.

Ia mengungkap terkait pembangunan simpang susun Purwomartani yang nantinya akan terhubung dengan exit toll Bokoharji, Prambanan akan menyesuaikan dengan kondisi di lapangan. Mengingat Simpang Susun menuju pintu keluar di kawasan ini berdasarkan peta memiliki jarak cukup jauh.

“Untuk exit toll Bokoharjo tentu nanti akan berproses, memperhatikan perkembangan di lapangan seperti apa, mungkin bisa sekalian dibangun bersamaan dengan target penyelesaian Klaten-Purwomartani atau ditahan dulu, tetapi yang Klaten-Purwomartani terus kami kejar,” katanya.

BACA JUGA : Pembangunan Tol Jogja-Solo Dorong Pertumbuhan Kredit di DIY

Adapun pengerjaan konstruksi ruas tol Jogja Solo saat ini yang sudah berjalan pada ruas Trihanggo-Junction Sleman berjalan di kawasan Ketingan, Tirtoadi, Mlati, Sleman. Pada titik ini termasuk pertemuan dengan ruas tol Jogja Bawen ke arah barat yang dipisahkan oleh jalan kampung. Berjarak sekitar 200 meter ke arah barat lagi terdapat Junction Sleman yang dalam proses pengosongan lahan.

Para pekerja proyek melakukan pengurukan material tol at grade. Sehingga lokasi tersebut tampak lapang karena sudah tidak ditemukan bangunan. Selain itu titik tersebut lebih banyak didominasi bekas area persawahan.

Selain pengurukan, tampak pekerja menyelesaikan pemasangan box drainase untuk saluran irigasi yang menghubungan antara permukiman warga di sisi utara Dusun Ketingan ke arah selatan area persawahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kasus Covid-19 di Singapura Meningkat 2 Kali Lipat dalam Sepekan

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement