Advertisement

Pendidikan Karakter Perlu Digencarkan untuk Tingkatkan Kualitas SDM

Andreas Yuda Pramono
Minggu, 17 September 2023 - 14:37 WIB
Ujang Hasanudin
Pendidikan Karakter Perlu Digencarkan untuk Tingkatkan Kualitas SDM Tugu tulisan Kulonprogo the Jewel of Java - ilustrasi - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Pembangunan manusia masih menjadi topik kelas dua di Kabupaten Kulonprogo. Hal tersebut dibenarkan Sekretaris Komisi IV DPRD Kulonprogo, Istana. Menurut dia, Bumi Binangun tertinggal secara kualitas sumber daya manusia (SDM) dari daerah lain salah satunya karena tidak adanya implementasi yang nyata dan berkelanjutan dari Perda Nomor 11 Tahun 2022 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Kulonprogo Nomor 18 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Pendidikan Karakter.

“Dulu kami melakukan review untuk Perda 18 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Pendidikan Karakter. Soalnya pembangunan manusia jadi prioritas kedua dari lima program prioritas Presiden Jokowi. Rekomendasi kami melalui Perda [hasil pembaruan] itu agar kegiatan implementasinya didukung Dana Keistimewaan,” kata Istana dihubungi, Jumat (15/9/2023).

Advertisement

Istana menambahkan terdapat 21 karakter yang wajib diajarkan di lingkungan sekolah mengacu pada Perda tersebut dan Peraturan Bupati (Perbup) Kulonprogo 70 Tahun 2021 tentang Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-nilai Budaya. Karakter tersebut akan menjadi ciri khas pelajar Kulonprogo. Selain itu, di beberapa kesempatan, Komisi IV juga mendorong peningkatan kualitas ASN.

“Danais itu sangat bisa diakses untuk peningkatan kualitas SDM. Yogyakarta kan dilihat salah satunya dari budaya Kemataraman. Nah, itu harus didukung dari Danais. SDM dibangun dari dasar budaya, adat, tradisi. Kalau sudah matang ya nanti SDM jadi tangguh. Itu khusus untuk anak-anak mengacu Perda pengelolaan pendidikan karakter,” katanya.

BACA JUGA: Peringati Hari Kunjung Perpustakaan, Dispusip Kulonprogo Gelar Nonbar dan Diskusi Film

Dalam Perbup Kulonprogo 70 Tahun 2021 juga telah disampaikan bahwa terdapat permainan tradisional yang dapat digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan atau mengembangkan kepribadian seorang anak. Istana kembali menyinggung pengembangan kualitas SDM secara umum di Kulonprogo yang tidak menjadi perhatian serius. Tegas dia, kualitas SDM suatu wilayah akan sangat menentukan kemajuan wilayah tersebut.

“Di Kulonprogo ini perlu saya tambahkan bahwa ada yang namanya kemiskinan moral. Bisa dilihat ketika waktu pembagian bantuan sosial. Ada yang seharusnya tidak mendapat justru ikut datang. Mereka berebut bantuan. Itulah bukti kegagalan pembangunan manusia,” ucapnya.

Dengan adanya situasi dan kondisi tersebut, Istana mendorong Pemkab Kulonprogo agar memperkuat sektor pendidikan dan implementasi dari Perda tentang Pengelolaan Pendidikan Karakter. Implementasi dari Perda tersebut perlu digencarkan. Melalui Danais, program-program dapat dibuat dengan capaian atau indikator tertentu yang terarah.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) Kulonprogo, Arif Prastowo, mengatakan bahwa pihaknya terus membuat program turunan dari Perda Pengelolaan Pendidikan Karakter dan Peraturan Bupati (Perbup) Kulonprogo 70 Tahun 2021 tentang Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-nilai Budaya.

Salah satu program yang diturunkan dari Perda dan Perbup tersebut yaitu Lomba Budaya Kemataraman 2023. Lomba tersebut selesai digelar di di SMP Negeri 2 Panjatan pada Kamis (14/9/2023) dengan menghadirkan empat cabang lomba yaitu Sesorah, Gandhes Luwes, Jathilan dan Gobag Sodor.

“Lomba Budaya Kemataraman 2023 bertujuan untuk mendukung pelaksanaan pendidikan karakter khususnya bagi siswa SMP dan sederajat. Harapan kami lomba tersebut dapat terus dilakukan. Selain dapat memberikan penghargaan kepada prestasi siswa, juga untuk melestarikan dan memperkenalkan budaya kita,” kata Arif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hizbullah Lebanon Serang Fasilitas Militer Israel Utara

News
| Kamis, 20 Juni 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Punya Pantai Terbaik untuk Berselancar, Ini Daftarnya

Wisata
| Senin, 17 Juni 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement