Advertisement

Lestarikan Warisan Budaya Tak Benda, Disbud DIY Gelar Lomba Gobak Sodor Antar Pegawai Pemda

Triyo Handoko
Senin, 25 September 2023 - 18:17 WIB
Mediani Dyah Natalia
Lestarikan Warisan Budaya Tak Benda, Disbud DIY Gelar Lomba Gobak Sodor Antar Pegawai Pemda Asisten Sekda DIY Bidang Pemberdayaan Sumber Daya Masyarakat Aris Eko Nugroho menabuh gamelan yang menandai dibukanya lomba gobak sodor antar pegawai Pemda DIY, Senin (25/9/2023). (Harian Jogja - Triyo Handoko)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Permainan tradisional gobak sodor merupakan warisan budaya tak benda yang sudah tercatat di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Gobak sodor tercatat oleh Kemendikbudristek sebagai warisan budaya milik DIY.

Kemendikbudristek mencatat gobak sodor sebagai warisan budaya tak benda secara resmi pada 2022 lalu. Dinas Kebudayaan (Disbud) DIY terus melakukan pelestarian gobak sodor tersebut, salah satunya menyelenggarakan lomba dengan tajuk Ngleluri Kabudayan Lumantar Olahraga Tradisional pada Senin (25/9/2023).

Advertisement

Lomba tersebut diikuti 37 perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) di tingkat Pemda DIY. Dimana terdapat dua kategori, yaitu lomba gobak sodor putra dan putri. “Kegiatan ini bertujuan untuk terus melestarikan warisan budaya tak benda berupa gobak sodor,” kata Kepala Disbud DIY, Dian Lakshmi Pratiwi saat sambutan.

Dian menjelaskan lomba ini diikuti pegawai di lingkungan Pemda DIY agar mereka jadi contoh praktik pelestarian budaya. “Permainan tradisional ini juga jadi medium bagi kami untuk menjaga keguyuban dan kekompakan, karena itu yang diajarkan dalam permainan gobak sodor ini,” terangnya.

Permainan gobak sodor, jelas Dian, juga menyimpan memori masa kecil yang bisa jadi momen refleksi bersama. “Nuanasa nostalgia itu ada saat memainkannya, kami harap dengan begitu para pegawai di lingkungan Pemda DIY ini juga mengerjakannya ke anak-anaknya atau orang-orang disekitarnya,” ujarnya.

Sementara itu Asisten Sekda DIY Bidang Pemberdayaan Sumber Daya Masyarakat Aris Eko Nugroho mengapresiasi program pelestarian budaya yang dilakukan Disbud DIY tersebut. “Sebagai bagian dari kekayaan budaya DIY, kegiatan ini patut diapresiasi agar warisan budaya seperti gobak sodor dapat diwariskan,” katanya saat membuka kegiatan itu.

Aris yang juga Paniradya Pati Paniradya Kaistimewan DIY, Aris Eko Nugroho menjelaskan kekayaan budaya DIY jadi tanggung jawab bersama untuk terus diupayakan pelestariannya. “Soal menang atau kalah dalam permainan ini jadi nomor sekian, terpenting keguyuban dan pelestarian budaya ini,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Semeru Alami 6 Kali Letusan Pagi Ini

News
| Sabtu, 18 Mei 2024, 10:17 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement