Advertisement

Sederet Rangkaian HUT Kota Jogja ke-267, Ada Wayang Jogja Night Carnival

Media Digital
Kamis, 28 September 2023 - 06:57 WIB
Sunartono
Sederet Rangkaian HUT Kota Jogja ke-267, Ada Wayang Jogja Night Carnival Pj Walikota Jogja Singgih Raharjo, Rabu (27/9/2023) menjelaskan rangkaian acara HUT Kota Jogja ke-267 yang dimeriahkan dengan sejumlah acara. - Harian Jogja/Yosef Leon.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Serangkaian acara digelar untuk memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Jogja yang ke-267 pada 7 Oktober mendatang. Mengangkat tema Tatag, Teteg, Tutug yang bermakna konsistensi dalam menyambut pemulihan ekonomi setelah pandemi Covid-19, rangkaian acara yang diselenggarakan dimulai sejak 1 Oktober nanti. 

"Sosialisasi sudah kami gelar sampai ke bawah dari tingkat kemantren dan kelurahan. Acara kecil di setiap wilayah pasti ada dari inisiatif warga, sehingga memang kami harapkan HUT Jogja bisa dirasakan oleh seluruh elemen dan lapisan masyarakat," kata Pj Walikota Jogja Singgih Raharjo, Rabu (27/9/2023). 

Advertisement

BACA JUGA : Semarak Keberagaman dalam Upacara Peringatan HUT RI ke 78 di Sahid Raya Hotel & Convention Yogyakarta

Rangkaian acara peringatan HUT Kota Jogja ke-267 dimulai pada 1 Oktober dengan acara Yogowes. Acara bersepeda santai ini diikuti oleh anak sekolah dan elemen masyarakat dengan target 10.000 peserta. Rutenya akan dimulai dari Balai Kota Jogja dengan jarak tempuh sejauh 15 kilometer. Sore harinya juga dilaksanakan agenda Wiwitan di Balaikota setempat dengan prosesi penancapan gunungan.

"Tanggal 2 Oktober bertepatan dengan hari batik nasional di PDIN digelar acara batik temanya batik hasta karya mewarnai dunia dengan sejumlah acara menarik," ujar Singgih. 

Selanjutnya berturut-turut pada tanggal 2 hingga 5 Oktober digelar karnaval budaya pelajar dengan penyelenggara dari masing-masing kemantren dan Dikpora Jogja. Tanggal 3 Oktober ada pula agenda Sekar Rinonce di Teras Malioboro 2 dan Pasar Beringharjo yang merupakan acara ekspresi budaya dengan sejumlah acara menarik. 

"Kemudian 4 Oktober ada kolaborasi Wayang Sawega di Malioboro berupa penampilan 100 dalang cilik dan penari serta pengrawit. Ini juga sebagai edukasi dan estafet ke seniman cilik di Jogja," kata Singgih. 

Pada 5 Oktober ada Sekati Ing Mall berupa pameran produk dari UMKM kuliner, fesyen dan kerajinan dengan total 30 stand yang ikut di Plaza Malioboro sejak 5-10 Oktober. Di hari yang sama juga ada Beringharjo fesyen day, berupa fesyen show dari pedagang, buruh gendong dan komunitas pasar. Tanggal 6 Oktober ada Festival Angkringan dengan 50 stand dan bagikan seribu sego kucing dan sate usus gratis di Plaza Ngasem. 

"Pada 6 Oktober ada Malioboro Coffe Night di Kotabaru dan Loko Coffee berupa bagi-bagi kopi gratis dan beragam kegiatan seputar kopi yang tersebar di berbagai titik," ungkapnya. 

BACA JUGA : HUT RI, Ini Rangkaian Agenda di Jogja City Mall Bertema UP&UP Indonesia

Puncak acara pada 7 Oktober diselenggarakan Wayang Jogja Night Carnival (WJNC). Agenda ini merupakan yang kedelapan kalinya dan menjadi sajian utama di HUT Kota Jogja. Mengangkat tema Pandawa Mahabisekha kegiatan ini nanti akan dimeriahkan oleh perwakilan 14 kemantren se Kota Jogja melalui parade seni budaya di sepanjang kawasan Tugu Jogja. 

"Rangkaian kurasi sudah kami selenggarakan sejak lama. Ada sedikit yang berbeda dari tahun lalu, dulu masuknya peserta dari satu area saja tapi sekarang datang dari dua jalur yakni dari arah timur dan barat ketemu di Tugu. Kami juga kasih kesempatan kepada pengunjung berupa lokasi khusus di sisi selatan tugu agar menikmati acara dengan nyaman. Target bisa dikunjungi 40.000 orang," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Puskesmas Dipasangi Internet Starlink, Pembiayaan Pakai Dana Operasional Kesehatan

News
| Senin, 20 Mei 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement