Advertisement

Mahasiswa UMY Sulap Sirih Cina Jadi Sirup Herbal Kaya Manfaat

Media Digital
Senin, 02 Oktober 2023 - 19:37 WIB
Mediani Dyah Natalia
Mahasiswa UMY Sulap Sirih Cina Jadi Sirup Herbal Kaya Manfaat Tim Universitas Muhamadiyah Yogyakarta (UMY) menunjukkan olahan tanaman sirih cina menjadi minuman yang bermanfaat. (IST)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Tim Universitas Muhamadiyah  Yogyakarta (UMY) berhasil menyulap tanaman sirih cina menjadi minuman yang bermanfaat. Hal ini membuat mereka mendapatkan pendanaan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa). 

Lewat Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), kompetisi tahunan yang diselenggarakan oleh Ditjen Diktiristek, lima mahasiswa UMY tersebut tergabung dalam satu tim. Tiga mahasiswa dari program studi Akuntansi adalah Eka Siti Nur Arismawati, Yelia Muwida Chusnul Khotimah, Dwi Anggoro Saputro serta  dua mahasiswa Farmasi yaitu Tria Ningsih, dan Fachri Argya Cahyadi. Kelima mahasiswat tersebut berada dibawah bimbingan Bambang Jatmiko. 

Advertisement

Baca Juga: UMY Fokus Kembangkan Riset yang Tersambung ke Industri Mulai 2023 

Tim tersebut berhasil berinovasi membuat sebuah produk olahan tanaman sirih cina menjadi sirup herbal yang kaya akan manfaat. Produk tersebut dinamai Rolucida yang merupakan singkatan dari nama latin sirih cina yaitu Peperomia pellucida

Penggagas Rolucida, Eka Siti Nur Arismawati menjelaskan latar belakang pembuatan produk sirup herbal ini. “Sirup ini dibuat atas keinginan untuk membuat minuman herbal yang praktis dikonsumsi dan kaya akan manfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh apalagi pasca pandemi covid-19 seperti saat ini,” jelas Eka dalam rilis, Senin (2/10/2023). 

Baca Juga: Penelitian Dosen UMY: Penerapan Ketentuan Batasan Penggunaan Hak Milik dalam Kehidupan Bermasyarakat di Bantul

Produk Rolucida memiliki banyak manfaat, seperti antioksidan yang tinggi, mengandung flavonoid yang berfungsi sebagai imunostimulan, menggunakan pemanis alami xylitol yang rendah kalori dan juga dapat dikonsumsi oleh segala usia. Bantuan dana yang diberikan oleh Ditjen Diktiristek menjadi pendukung Tim PKM-K UMY dalam kelancaran inovasi pembuatan sirup herbal Rolucida. Tim PKM-K UMY berharap inovasi produknya dapat bermanfaat untuk masyarakat luas.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Magnitudo 4,7 Guncang Boalemo Gorontalo

News
| Sabtu, 27 April 2024, 13:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement