Advertisement

Terkuak! Kokam DIY Dibekukan karena Tak Hadiri Apel di Solo Bareng Jokowi

Triyo Handoko
Senin, 02 Oktober 2023 - 21:10 WIB
Sunartono
Terkuak! Kokam DIY Dibekukan karena Tak Hadiri Apel di Solo Bareng Jokowi Logo Muhammadiyah - ist - wikimedia

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (Kokam) DIY angkat suara terkait pembekuan organisasi. Pembekuan itu disebabkan karena Kokam DIY tak menghadiri Apel Akbar Kokam di Stadion Manahan, Solo, September 2023 lalu. Apel tersebut juga turut dihadiri Presiden Jokowi.

Tidak hadirnya Kokam DIY pada apel tersebut lantaran dua hal, pertama pengurus Kokam DIY masih bekerja dan bukan hari libur. Kedua, karena masih berkabung atas insiden kericuhan di Rempang, Kepulauan Riau.

Advertisement

“Karena kami tahu saudara-saudara kita di Rempang sedang ada persekusi. Jadi kami intinya berempati dengan kondisi atau hal tersebut, sehingga Kokam DIY tidak bisa melakukan euforia kegiatan bersama pimpinan dan presiden yang baru dalam masa kritik dari teman-teman,” jelas Komandan Kokam DIY, Rizal Ismail pada Senin (2/10/2023).

BACA JUGA : Kokam DIY Dibekukan, Begini Sikap PW Muhammadiyah DIY

Rizal menjelaskan atas sikap Kokam DIY terhadap apel tersebut, Pengurus Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah memberikan teguran keras kepadanya. Teguran tersebut disampaikan PP Pemuda Muhammadiyah lewat Pengurus Wilayah (PW) Pemuda Muhammadiyah DIY. “Intinya melakukan peringatan keras kepada PW Pemuda Muhammadiyah DIY atas tindakan tersebut. Itu dianggap membangkang instruksi dari PP Pemuda Muhammadiyah," katanya.

Tak hanya Kokam DIY, lanjut Rizal, SAR Muhammadiyah DIY juga ditegur oleh PP Pemuda Muhammadiyah karena mengambil sikap yang sama. “Lalu kami dibekukan seperti dalam surat yang sudah beredar itu,” katanya.

Komandan Kokam DIY ini menerima keputusan pembekuan tersebut dan sudah menarik dari dari organisasinya. “Secara organisasi karena kami dituntut untuk patuh dan taat pada putusan, ya kami manut itu, kami ikuti apa maunya PP Pemuda Muhammadiyah. Sementara kami dibekukan, ya kami tidak melakukan aktivitas," paparnya.

Kegiatan Kokam di DIY selanjutnya diserahkan seluruhnya ke Kokam Pusat dan PP Pemuda Muhammadiyah. Sementara itu PW Muhammadiyah DIY tengah mengusahakan jalan keluar atas masalah tersebut.

BACA JUGA : Panas? Ini Penjelasan BMKG Soal Terik yang Melanda DIY

Sekretaris PW Muhammadiyah DIY Arif Jamali menjelaskan pihaknya sudah melakukan koordinasi. “Prinsipnya kami selesaikan ini dengan musyawarah, duduk bersama membahas dan mencari jalan keluarnya,” ungkapnya, Senin siang.

Arif juga menghimbau pengurus Kokam di DIY untuk tetap tenang dan kondusif. “Kami himbau untuk tenang dan menjaga kokodisifitasan ini, jangan bertindak reaksioner agar segera ada solusinya,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ibu Pulau Halmahera Meletus, Abu Vulkanik Setinggi 3,5 Kilometer

News
| Minggu, 28 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement