Advertisement

Pakar UGM Ungkap Campuran Miras Oplosan yang Berdampak Fatal Bagi Tubuh, Apa Saja?

Yosef Leon
Kamis, 05 Oktober 2023 - 10:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Pakar UGM Ungkap Campuran Miras Oplosan yang Berdampak Fatal Bagi Tubuh, Apa Saja? F saat diamankan oleh petugas saat berada di bukit BNI, Dusun Mojolegi, Kalurahan Karangtengah, Kapanewon Imogiri, Jumat (19/5/2023) malam. - Polres Bantul

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Guru Besar Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof Zullies Ikawati menyebut perlu penanganan komprehensif dan terpadu dalam menyetop timbulnya korban meninggal dunia akibat menenggak minuman keras (miras) oplosan.

Kasus yang terjadi di wilayah Bantul dengan jumlah korban meninggal dunia sebanyak lima orang dinilainya perlu penelusuran khusus serta penanganan yang lebih terpadu. 

Advertisement

"Kalau secara kesehatan saja memang tidak lagi peduli mereka. Artinya korban kan butuh yang lain sampai mengoplos miras. Mereka perlu pemenuhan sesuatu sampai menenggak miras oplosan. Secara ekonomi bagaimana atau stres, pendekatannya tidak bisa satu sisi saja," kata Prof Zullies, Rabu (4/10/2023). 

BACA JUGA: Miras Oplosan Kembali Makan Korban, 2 Warga Kulonprogo Ini Meninggal Dunia

Fenomena warga meninggal dunia akibat miras oplosan bukan hanya sekali dua kali saja terjadi di wilayah Jogja. Sebelum ini seorang pelajar SMK di Bantul juga meninggal dunia setelah menenggak miras oplosan pada Minggu (18/6/2023). Kemudian pada Rabu (23/11/2022) seorang mahasiswa meninggal dunia dan tiga orang rekannya yang lain dicarikan ke rumah sakit di Sleman akibat hal serupa. 

Menurut Prof Zullies, miras oplosan yang sampai mengakibatkan korban meninggal dunia biasanya sudah dicampur dengan berbagai bahan lain yang sifatnya beracun sehingga berdampak fatal bagi tubuh.

Beberapa bahan yang diketahuinya kerap dicampur pada miras oplosan yaitu betanide yang mengandung povidone iodine, obat anti serangga losion yang mengandung DEET atau diethyltoluamide dan spiritus yang berbahan metanol. 

"Kandungan alkohol ini kan etanol ya dan kalau dikonsumsi itu saja ala kadarnya biasanya cuma mabuk biasa atau muntah paling parah pingsan kalau berlebihan. Namun kalau sudah campurannya berbagai jenis dan beracun dampaknya tentu fatal," jelasnya. 

BACA JUGA: 5 Warga Bantul Tewas Diduga Usai Tenggak Miras Oplosan

Apalagi etanol merupakan cairan yang sifatnya gampang larut dengan bahan lainnya, sehingga ketika dicampur dengan bahan lainnya akan berdampak tidak bagus pada tubuh seseorang. Pada kasus yang di Bantul beberapa korban mengeluhkan soal sesak nafas dan salah satu penglihatan yang berkurang. Ini kemungkinan besar diakibatkan oleh campuran spiritus. 

"Kalau keluhannya sesak nafas dan mata buram tentu campurannya spiritus. Kandungan metanol pada spiritus memang harganya murah sehingga jadi pilihan campuran. Ketika dicampur dengan etanol bisa jadi buta kalau takarannya berlebihan. Itu metanol memang bahaya makanya dikasih label berwarna biru," katanya. 

Dampak dari satu campuran dengan campuran yang lain pada miras oplosan ke tubuh juga tergantung pada takarannya. Pun demikian dengan reaksinya, tubuh seseorang biasanya merespons dengan berbeda jika menenggak berbagai bahan dari miras oplosan.

Begitu pula dengan etanol murni yang tanpa campuran akan berdampak signifikan pada salah satu fungsi organ tubuh jika dikonsumsi rutin. 

"Kalau cuman etanol yang diminum dan rutin itu larinya ke liver. Namun kalau sudah sampai mati tentu campurannya sudah beracun, etanol saja kalau diminum paling akibatnya pingsan atau muntah, kalau sampai mati ya dicampur dengan bahan beracun atau bisa juga dicampur obat. Kadang dipikiran korban kalau dicampur bahan lain agar rasanya lebih nendang, tapi dampaknya tidak diketahui bagi tubuh," pungkas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Rombongan PAN Bertemu Presiden Jokowi, Zulkifli Hasan: Tidak Membahasa Kabinet

News
| Jum'at, 10 Mei 2024, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Menilik Jembatan Lengkung Zhaozhou Tertua di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 10:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement