Advertisement

Pemkot Jogja Gencarkan Sertifikasi TKDN untuk Tingkatkan Daya Saing Produk UMKM

Triyo Handoko
Jum'at, 06 Oktober 2023 - 19:57 WIB
Ujang Hasanudin
Pemkot Jogja Gencarkan Sertifikasi TKDN untuk Tingkatkan Daya Saing Produk UMKM Pembukaan Sakati Ing Mall yang di Plaza Malioboro dengan menampilkan berbagi produk IKM Jogja yang diresmikan Pejabat Walikota Singgih Raharjo (tengah) dan Kepala Dinperinkop UKM Jogja Tri Karyadi Riyanto (kiri). - Istimewa / Dok Pemkot Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) pada industri kecil menengah (IKM) di Jogja digencarakn Pemkot Jogja. Pengenceran sertifikasi TKDN itu berbarengan dengan program Sakati Ing Mall yang diselenggarakan Dinas Perindustrian Koperasi (Dinperinkop) UKM di Plaza Malioboro 5 Oktober – 10 Oktober 2023.

Pejabat Walikota Jogja Singgih Raharjo yang membuka Sakti Ing Mall tersebut menjelaskan program itu juga memfasilitasi 48 pelaku IKM di wilayahnya. “Pameran produk IKM ini juga bebarengan dengan momen HUT Kota Jogja dimana kami harap para pelaku industri kecil ini dapat terus termotivasi untuk berinovasi meningkatkan kualitas produknya,” jelasnya, Jumat (6/10/2023).

Advertisement

Singgih memaparkan berbagai kegiatan diselenggarakan di Saktati Ing Mall untuk mendongkrak kualitas produk IKM di Kota Jogja. “Termasuk fasilitasi sertifikasi, pameran, hingga peraga busana untuk produk fashion. Kedepan akan selalu ditingkatkan program pembinaan pelaku IKM ini,” terangnya.

BACA JUGA: Dukung UMKM, JNE Berikan Promo Ongkir Flat Rp10.000 dari Magelang Tujuan Jateng-DIY

Sementara itu Kepala Dinperinkop UKM Jogja Tri Karyadi Riyanto menjelaskan sertifikasi TKDN pada produk IKM di Jogja masih perlu digenjot lagi. “Dari 48 industri IKM yang mengikuti pameran baru sekitar 10% produk IKM yang sudah bersertifikat TKDN, artinya masih perlu kami tingkatkan lagi dengan fasilitasi ini,” terang Kepala Dinperinkop UKM Jogja yang akrab disapa Totok ini.

Sertifikasi TKDN, jelas Totok, penting untuk meningkatkan daya saing produk IKN di Jogja. “Kami terus berkomitmen untuk meningkatkan daya saing produk industri kecil menengah (IKM) dan melakukan pendampingan kepada para pelaku IKM agar mendaftarkan sertifikasi TKDN,” paparnya.

Pendampingan yang dilakukan Disperinkop UKM Jogja untuk sertifikasi TKDN, lanjut Totok, dengan membuatkan akun ke sistem Kementerian Perindustrian agar dapat mengurus syarat sertifikasi tersebut. “Ada petugas kami yang membantu para pelaku IKM secara langsung saat pameran Saktati Ing Mall ini, jadi agar lebih efektif dibimbing langsung agar semuanya nanti memiliki sertifikat tersebut,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Usai Tes Wawancara 40 Peserta Capim dan Dewas KPK, Ini Tahapan yang akan Dilakukan Pansel

News
| Sabtu, 21 September 2024, 06:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Tempat-Tempat Wisata di Vietnam yang Jadi Favorit Wisatawan

Wisata
| Kamis, 19 September 2024, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement