Advertisement

Kasus Miras Oplosan Telan 11 Nyawa, DPRD DIY Minta Usut Tuntas, Polda: Razia Ditingkatkan!

Triyo Handoko
Senin, 09 Oktober 2023 - 15:57 WIB
Arief Junianto
Kasus Miras Oplosan Telan 11 Nyawa, DPRD DIY Minta Usut Tuntas, Polda: Razia Ditingkatkan! Miras oplosan. - Istimewa/Polres Bantul

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Miras oplosan yang merenggut nyawa 11 orang beberapa hari terakhir disikapi serius oleh DPRD DIY. Dewan meminta kasus miras oplosan yang merenggut banyak nyawa itu segera diusut tuntas. Kematian yang disebabkan miras oplosan.

Dewan menilai persoalan miras oplosan ini tak kalah membahayakan dari kekerasan jalanan.

Advertisement

Wakil DPRD DIY Huda Tri Yudiana menjelaskan penindakan tegas diperlukan agar kasus serupa tak terulang. “Kami mohon bapak Kapolda dan jajarannya untuk menangani masalah ini secara khusus. Masalah ini tidak kalah berbahaya daripada kasus kejahatan jalanan atau dulu dikenal klithih. Bahkan jumlah korban jiwanya lebih banyak,” katanya, Senin (9/10/2023).

Huda menerangkan DIY sudah memiliki Peraturan Daerah (Perda) No.12/2015 tentang Pengendalian dan Pengawasan Minuman Beralkohol serta Pelarangan Minuman Oplosan. “Perda tersebut tegas sekali melarang minuman oplosan, kebetulan saat itu saya ketua pansusnya. Latar belakang bahayanya itulah yang membuat DIY tegas melarang oplosan,” jelasnya.

Jumlah korban jiwa miras oplosan di DIY beberapa tahun terakhir, menurut Huda, juga sudah mencapai puluhan orang. “Saya mohon dan menghimbau masyarakat untuk waspada dan juga mencegah jika mengetahui ada penjual atau produsen oplosan. Saya mohon juga agar pelaku kejahatan miras oplosan ditindak tegas, karena sangat meresahkan dan membahayakan. Tidak ada aturan manapun yang mengizinkan itu,” tegasnya.

BACA JUGA: Terungkap! Ini Jenis Miras Oplosan yang Renggut Nyawa Warga Bantul

Sementara itu Polda DIY menjelaskan sudah melakukan razia miras oplosan sebelum kasus meninggalnya tujuh orang di Bantul dan Kulonprogo. “Razia sudah kami lakukan sebelum ada kasus ini, peningkatan akan terus kami lakukan untuk mengantisipasi korban makin meluas,” kata Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Nugroho Arianto.

Nugroho menjelaskan Polda DIY juga sudah berkoordinasi dengan polres-polres dibawahnya untuk meningkatkan razia miras oplosan. “Kegiatan razia ini termasuk giat rutin yang terus ditingkatkan, kami juga berkoordinasi dalam pengusutan kasus di Bantul dan Kulonprogo, yang Kota Jogja juga akan kami dalami lagi,” paparnya.

Peredaran miras oplosan, jelas Nugroho, dilarang dan terdapat ancaman hukuman pidana bagi yang memproduksi dan mengedarkannya. “Pemeriksaan di Bantul dan Kulonprogo masih terus dilakukan, pemetaan juga sudah dilakukan nanti hasilnya untuk mengantisipasi,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Airlangga Bertemu Sekjen Cormann, Tegaskan Komitmen Percepat Proses Keanggotaan Indonesia.

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement