Advertisement

Konkurs Nasional Seni Suara Alam Burung Derkuku Piala Raja 2023 Kembali Digelar

Media Digital
Selasa, 10 Oktober 2023 - 11:17 WIB
Ujang Hasanudin
Konkurs Nasional Seni Suara Alam Burung Derkuku Piala Raja 2023 Kembali Digelar Kepala Dinas Pariwisata DIY sekaligus Penjabat Wali Kota Jogja, Singgih Raharjo. - Istimewa

Advertisement

JOGJA—PPDSI Pengda DIY sebagai organisasi yang mewadahi segenap penggemar dan pelestari burung derkuku di wilayah DIY kembali menggelar event tingkat nasional  Piala Raja  Tahun 2023.

Kegiatan semacam  ini difasilitasi oleh Dinas Pariwisata DIY sejak tahun 2015 dengan menggunakan Dana Keistimewaan (Danais) dan akan ada Pojok Ekraf yang merupakan tempat pelaku ekonomi kreatif mempromosikan produk ekonomi kreatif mereka.

Advertisement

Konkurs burung derkuku ini secara rutin dilaksanakan sebagai upaya untuk melestarikan burung derkuku dan menggairahkan hobi memelihara burung derkuku sekaligus untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Yogyakarta.

Animo peserta sangat tinggi, terbukti sampai saat ini tiket yang terjual sudah 90 % , panitia yakin dalam beberapa hari ini akan terjual habis. Menengok data dari bagian pendaftaran bisa diketahui bahwa   peserta berasal dari berbagai daerah di tanah air, dari ujung barat jawa sampau ujung timur jawa, bahkan tidak sedikit peserta yang berasal dari luar pulau jawa seperti  Bali dan Lombok. Informasi terakhir dari panitia bahwa ada penggemar burung derkuku dari Malaysia yang akan hadir.

BACA JUGA: Ratusan Pecinta Derkuku Perebutkan Piala Raja yang Diselenggarakan Dispar DIY

Konkurs Nasional Piala Raja th 2023 akan dilaksanakan selama 1 hari, yaitu  Minggu tgl 15 Oktober 2023.Lomba akan dimulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 13.00 WIB dengan lokasi di Alun-alun Selatan Kraton Yogyakarta.

Panitia  menyediakan 216 tiket yang terbagi dalam 3 kelas, yaitu kelas Pemula 108 tiket, kelas  Yunior 72 tiket, kelas Senior 36 tiket. Juara 1-3 di masing-masing kelas akan mendapat trophy khusus berbentu replika mahkota raja. Sedangkan untuk doorprice disiapkan 1 buah sepeda  motor,2 buah Sepeda gunung, 1 buah televisi LED dan 3 buah sangkar exsclusiv. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabar Susunan Kabinet Prabowo, Gerindra: Belum Ada yang Resmi

News
| Minggu, 28 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement