Advertisement

Tahun Ini Pemda DIY Kucurkan Rp132 Miliar ke Kalurahan lewat Dana Keistimewaan

Yosef Leon
Sabtu, 21 Oktober 2023 - 10:27 WIB
Maya Herawati
Tahun Ini Pemda DIY Kucurkan Rp132 Miliar ke Kalurahan lewat Dana Keistimewaan Tugu Pal Putih atau Tugu Jogja - Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemda DIY pada tahun ini menyalurkan sebanyak Rp132 miliar ke 310 kalurahan melalui Dana Keistimewaan (Danais).

Dana itu digunakan untuk mendukung penataan dan pengembangan serta pemberdayaan masyarakat kalurahan. Program yang sudah dijalankan sejak 2021 ini diharapkan bisa mengungkit pertumbuhan ekonomi dari kalurahan.

Advertisement

Paniradya Pati Paniradya Kaistimewan, Aris Eko Nugroho, mengatakan program yang dinamai bantuan keuangan khusus kalurahan (BKK) itu masih berlanjut sampai tahun ini. Per kalurahan mengakses besaran dana dengan nominal yang berbeda sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh masing-masing wilayah.

Bahkan ada kalurahan yang mendapatkan kucuran Rp3 miliar per kalurahan. "Kalau yang awal kan dulu belum begitu, ada yang Rp1,5 miliar, sekarang ini malah ada yang lebih dari Rp3 miliar per kalurahan," katanya, Jumat (20/10).

Menurut Aris, kalurahan di DIY punya level dan potensi sangat beragam dan berbeda-beda, sehingga tidak mungkin BKK Danais diberikan secara merata. Oleh sebab itu, Pemda DIY akan melihat proposal yang diajukan per kalurahan untuk menentukan besaran dana yang disalurkan.

"Tahun ini titiknya ada sekitar 310, ada satu kalurahan dapat satu dan ada juga yang lebih dari satu. Itu kan ada macam-macam bentuknya. Ada kaitan dengan Kalurahan Mandiri Budaya, Kalurahan Lumbung Mataraman, padat karya, rumah tidak layak huni arsitektur Jogja, dan sebagainya," ungkap dia.

BACA JUGA: Ganjar Yakin Gibran Masih Mendukungnya, Namun Tak Melarang Jadi Cawapres Prabowo

Menurut Aris, penekanan Gubernur DIY tentang pemanfaatan Danais Rp1 miliar per kalurahan dalam agenda peluncuran Reformasi Kalurahan menjadi upaya dalam mempercepat dan mengingatkan aparatur pemerintah kalurahan agar pemanfaatan BKK Danais kalurahan lebih tepat sasaran dan digunakan sepenuhnya untuk kepentingan masyarakat.

"Tujuannya juga lebih pada upaya untuk mempercepat apa yang selama ini jadi persoalan di desa dan visi serta tujuan penataannya," jelas dia.

Aris menambahkan selama ini pemanfaatan BKK Danais memang sudah digunakan untuk dua fokus utama dalam Reformasi Kalurahan yakni reformasi birokrasi dan pemberdayaan masyarakat. Pada reformasi birokrasi, kalurahan didorong untuk memaksimalkan penggunaan data dalam pelayanan kepada masyarakat luas.

"Kemudian pada pemberdayaan masyarakat melalui BUM-Kal kami sudah ada yang sukses melakukan pengelolaan yakni Stasiun Pengisian Tangki Air [SPTA] Girikerto, Turi, Sleman," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Jogjapolitan | 7 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PBB Sebut Evakuasi Warga Rafah Butuh Waktu 10 Hari

News
| Rabu, 01 Mei 2024, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement