Advertisement

Usai Jebol Akibat Proyek Pembangunan Jalan Tol Jogja-Bawen, Begini Kondisi Lantai dan Dinding Selokan Mataram

Abdul Hamied Razak
Selasa, 24 Oktober 2023 - 15:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Usai Jebol Akibat Proyek Pembangunan Jalan Tol Jogja-Bawen, Begini Kondisi Lantai dan Dinding Selokan Mataram Kondisi perbaikan selokan mataram setelah jebol akibat pemasangan tiang pancang proyek pembangunan jalan tol Jogja Bawen, Selasa (24/10/2023). Ist - jjb

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—PT Jasamarga Joga Bawen (JJB) melakukan penanganan cepat atas jebolnya lantai dan dinding Saluran Mataram yang berlokasi di Pekerjaan Jalan Tol Jogja-Bawen Seksi 1 Ruas Yogyakarta-SS Banyurejo pada Minggu (22/10/2023).

Pasalnya, kejadian tersebut berdampak pada aliran air yang membanjiri lahan, kolam peternakan ikan hingga masuk ke salah satu rumah warga. Hingga Senin (23/10/2023), sudah dilakukan pengecoran dinding. Selain itu, PT JJB juga telah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menangani dampak sosial yang terjadi.

Advertisement

BACA JUGA: Pengerukan Tiang Pancang Tol Jogja Bawen Diduga Jadi Penyebab Jebolnya Tanggul Selokan Mataram

"Kami berupaya dapat menangani dampak yang ditimbulkan dapat dilokalisir dan tidak semakin meluas," kata Direktur Utama PT Jasamarga Jogja Bawen A.J. Dwi Winarsa, Selasa (24/10/2023).

Ia menjelaskan, PT JJB melalui koordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWS SO) mengindikasi terdapat retakan di dasar saluran yang tidak terdeteksi yang menyebabkan kebocoran tanggul saluran. Dwi menjelaskan selanjutnya hal tersebut ditindaklanjuti dengan perbaikan konstruksi daerah tersebut dan area terdampak. 

Dalam proses penanganan, PT JJB telah berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWS SO), tim Bupati Sleman, Kapanewon Seyegan, Kalurahan Dukuh, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Sleman, Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (Distan) Sleman, Kepolisian, TNI serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman.

“Kami juga telah melakukan beberapa langkah penanggulangan secara cepat, di antaranya yaitu dewatering dan sodetan air, penanganan kerusakan, serta penanganan dampak sosial. Pemasangan pagar proyek juga telah dilakukan untuk mengamankan area terdampak serta dilengkapi dengan penerangan serta aksesnya,” tambah Dwi.

PT JJB memastikan perencanaan teknik dan pelaksanaan konstruksi telah dilakukan sesuai standar yang ditetapkan dan akan mengantisipasi dampak yang ditimbulkan oleh konstruksi dengan memberikan respon cepat dan melakukan langkah penanggulangan.

"PT JJB juga berkomitmen untuk mencapai target yang sudah ditetapkan dengan seoptimal mungkin dengan tetap mengendalikan aktivitas konstruksi jalan tol secara bertahap," katanya.

BACA JUGA: Tanggul Selokan Mataram Jebol, BPBD Sleman Pastikan Tak Ada Korban Jiwa

Diberitakan sebelumnya, BPBD Sleman menyatakan satu unit rumah dan kolam terdampak jebolnya tanggul Selokan Mataram, di Kadipiro, Margodadi, Seyegan, Sleman Minggu (22/10/2023) pagi. Saat ini, pihak kontraktor tol Jogja-Bawen telah melakukan penanganan di lokasi tanggul jebol dan untuk sementara aliran air Selokan Mataram kembali dimatikan.

"Pihak tol telah menutup menggunakan bagor pasir. Selain itu, aliran Selokan Mataram kini juga sudah dimatikan," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman Bambang Kuntoro, Minggu (22/10/2023).

Mengenai peristiwa jebolnya tanggul, Bambang memaparkan terjadi pada pukul 02.30 WIB. Adapun penyebab jebol, diduga karena pengerukan di dekat pondasi selokan untuk pembangunan tiang pancang tol Jogja-Bawen. Tiang pancang tol Jogja-Bawen itu diduga terlalu mepet dengan pondasi. "Ini yang diduga memicu kebocoran di lantai selokan," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo Bakal Susun Kursi Menteri hingga 40, Gerindra Membantah

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja Versi Mahasiswa, Cek Tempatnya

Wisata
| Kamis, 09 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement