Advertisement

Pesan Bung Karno & Bung Hatta dari Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jaga Persatuan Indonesia

Media Digital
Selasa, 31 Oktober 2023 - 23:17 WIB
Sunartono
Pesan Bung Karno & Bung Hatta dari Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jaga Persatuan Indonesia Anggota Komisi A DPRD DIY berfoto bersama dalam rangkaian kunjungan kerja. - Istimewa.

Advertisement

JOGJA—Catatan sejarah perjuangan pendiri bangsa Indonesia, yang bersatu dan bergerak bersama-sama mampu membawa Indonesia Merdeka, yang diproklamasikan oleh dwi tunggal, Sukarno-Hatta pada 17 Agustus 1945.

"Salah satu tempat bersejarah nya adalah di museum perumusan naskah Proklamasi di Jl Imam Bonjol Jakarta. Di sinilah, para pemuda dari berbagai daerah yang berbeda berkumpul bersama, menyusun naskah kemerdekaan RI, yang dibacakan oleh Proklamator, Bung Karno didampingi Bung Hatta. Hebatnya para pendiri bangsa Indonesia, ikhlas berkorban untuk Indonesia Merdeka," kata Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY, dari Fraksi PDI Perjuangan, Selasa, (31/10/2023).

Advertisement

Bersama awak media, kunjungan ke museum perumusan naskah Proklamasi Kemerdekaan RI jadi bagian napak tilas perjuangan kaum muda dalam upaya membawa Indonesia merdeka.

BACA JUGA : Usia Presiden dan Wakil Presiden RI: Soekarno Termuda, Ma'ruf Amin Paling Tua

Ada banyak koleksi dan sumber referensi sejarah kebangsaan yang bisa diakses publik di Museum Perumusan Naskah Proklamasi di Imam Bonjol Jakarta. Termasuk koleksi audio suara pembacaan naskah Proklamasi 17 Agustus 1945 yang direkam di piringan hitam oleh Studio  Lokananta, Solo pada 1952.

"Ir Sukarno - Mohammad Hatta adalah sosok dwi tunggal dalam  Proklamasi Kemerdekaan RI, itu buah semangat persatuan kaum muda, para pejuang kemerdekaan. Suara rekaman teks Proklamasi itu direkam pada 1952," kata Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan.

Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan menegaskan lewat kunjungan ke museum perjuangan bangsa, yang ada di berbagai daerah seperti di Museum Sejarah Perumusan Proklamasi 17 Agustus 1945, di Jl Imam Bonjol, para pendiri bangsa merumuskan Proklamasi dengan adanya beragam perbedaan, beda asal daerah.

Di Surabaya, ada museum yang dikelola oleh pemkot Surabaya berkaitan dengan rumah tempat kos Bung Karno dan tempat putra sang fajar dilahirkan. Di Buleleng Bali, ada taman Bung Karno dengan ruang terbuka hijau juga rumah ibunda Bung Karno, yang kondisinya terawat.

"Melalui keteladanan para tokoh bangsa, ada semangat kaum muda di masa itu yang bersama berjuang untuk menuju Indonesia merdeka," kata Eko Suwanto, politisi muda PDI Perjuangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sidang Eks Menteri Pertanian SYL, KPK Bawa 4 Saksi dari Kementan

News
| Senin, 06 Mei 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement