Advertisement

Langkah Pemkot Jogja Cegah Masuknya Cacar Monyet

Alfi Annissa Karin
Jum'at, 03 November 2023 - 07:37 WIB
Sunartono
Langkah Pemkot Jogja Cegah Masuknya Cacar Monyet Ilustrasi penyakit cacar / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemkot Jogja mulai melakukan antisipasi penyebaran penyakit cacar monyet atau monkey pox. Penyakit menular ini telah ditemui di beberapa wilayah di Indonesia. Namun, hingga saat ini belum ada temuan kasus yang terjadi di Kota Jogja.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Jogja Emma Rahmi Aryani menuturkan cacar monyet termasuk dalam kategori penyakit zoonosis atau menular melalui hewan ke manusia. Saat ini berkembang hingga dapat menular dari manusia ke manusia. Emma menjelaskan, gejala penyakit ini hampir sama dengan cacar air. Ditandai dengan adanya benjolan berair atau bernanah.

Advertisement

BACA JUGA : Cegah Persebaran Cacar Monyet, Dinkes DIY Bakal Skrining Kelompok Tertentu

"Kemudian juga pembesaran kelenjar getah bening. Itu bedanya dengan cacar air," kata Emma, Kamis (2/9/2023).

Dia menambahkan, penularan penyakit cacar monyet bisa terjadi melalui udara. Sehingga masker masih diharapkan untuk senantiasa dipakai. Masyarakat juga diimbau untuk tidak berbicara tatap muka dengan penderita. Selain itu juga tidak melakukan hubungan seks dengan penderita cacar monyet.

"Kemudian juga untuk makan daging harus benar-benar matang, itu dianjurkan," ucapnya.

Sejauh ini, Dinkes Kota Jogja telah melakukan sejumlah upaya pencegahan. Misalnya dengan menggencarkan promosi kesehatan kepada masyarakat. Para dokter juga telah dibekali dengan tata laksana penanganan penyakit cacar monyet ini. Selain itu, melakukan penguatan surveilans dan sistem kewaspadaan dini. Penguatan surveilans berbasis masyarakat juga dilakukan di 45 kelurahan di Kota Jogja.

"Petugas melakukan pengamatan secara terus menerus secara aktif untuk mengumpulkan informasi dan memuat berita yang terkait dengan kasus penyakit di masyarakat, termasuk cacar monyet untuk dilaporkan secara rutin," katanya.

BACA JUGA : Penyebaran Cacar Monyet Didominasi Oleh Faktor Hubungan Sesama Jenis

Penjabat Wali Kota Jogja Singgih Raharjo  mengatakan meski tak ada kasus, tapi upaya pencegahan akan terus dilakukan. Masyarakat yang menemui gejala penyakit cacar monyet bisa langsung memeriksakan diri ke fasilitas layanan kesehatan terdekat.

"Adanya RSUD dan 18 Puskesmas berkategori paripurna. Ini akan menjadi garda terdepan kita untuk memberikan layanan kesehatan," ujar Singgih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo Wacanakan Pembubaran Sejumlah Lembaga Negara, Demi Efisien Jalannya Pemerintahan

News
| Minggu, 12 Mei 2024, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Unik, Ada Lampu Bangjo Khusus Unta di Tengah Gurun Pasir

Wisata
| Sabtu, 11 Mei 2024, 18:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement