Advertisement

UMKM Diminta Pahami soal Pengadaan Barang dan Jasa via Toko Daring

Catur Dwi Janati
Jum'at, 03 November 2023 - 23:37 WIB
Arief Junianto
UMKM Diminta Pahami soal Pengadaan Barang dan Jasa via Toko Daring Suasana Temu Bisnis UMKM dengan Mbizmarket diselenggarakan pada Jumat (3/11/2033) di area Pendopo Parasamya. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Temu Bisnis UMKM dengan Mbizmarket diselenggarakan di Sleman. Agenda ini diharapkan dapat menjadi jembatan UMKM untuk memperlebar pasar. 

Wakil Bupati Danang Maharsa menyampaikan apresiasi pelaksanaan Temu Bisnis UMKM dengan Mbizmarket. Agenda ini dinilai Danang dapat menjadi sarana memperkenalkan produk UMKM. Selain itu kegiatan ini kata Danang memberi wawasan dan pengetahuan terkait proses pengadaan barang atau jasa melalui toko daring.

Advertisement

"Kami tentunya mengharapkan setelah kegiatan ini jumlah penggunaan produk dalam negeri, produk lokal UMKM, dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah melalui Mbizmarket semakin meningkat, baik nilai transaksi, variasi produk dan mitra penyedianya," tutur Danang di Pendopo Parasamya, Jumat (3/11/2033).

Kegiatan ini lanjut Danang bisa menjadi kesempatan bagi pelaku UMKM untuk berpartisipasi dalam proses pengadaan barang dan jasa pemerintah. Khususnya dalam pengadaan langsung.

Danang berharap keberadaan Mbizmarket dapat mendukung upaya Pemkab Sleman dalam menjembatani kebutuhan pemerintah akan proses transaksi non-tunai sekaligus mendorong peningkatan UMKM.

BACA JUGA: Tingkatkan Inovasi Produk UMKM, Ini yang Dilakukan Dinkop UKM Sleman

Ketua Tim Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) Sleman, Mae Rusmi menuturkan kegiatan ini bertujuan untuk mempertemukan penyedia Mbiz dengan calon pembeli atau dalam hal ini disasar kepada OPD di Kabupaten Sleman.  Muaranya diharapkan transaksi melalui Mbiz market dapat meningkat.

"Sampai dengan akhir 2023 ini sudah ada 954 penyedia yang bergabung dalam Mbiz. Angka ini luar biasa, dan kami harap dapat membantu pembeli atau OPD untuk memenuhi kebutuhannya," kata Mae.

Di sisi lain hingga saat ini potensi UMKM yang ada di Sleman ini sebanyak 109.673 unit. Dari jumlah tersebut sebanyak 25.272 UMKM bergerak di sektor makanan dan minuman.

Dengan potensi di atas, Mae berharap Temu Bisnis UMKM dengan Mbizmarket dapat dimanfaatkan sebagai sarana diskusi, untuk meningkatkan kualitas produk sehingga UMKM di Sleman. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

DKI Jakarta Masuk Kategori 50 Kota Maritim Terkemuka di Dunia

News
| Rabu, 15 Mei 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement