Advertisement

Buntut Luapan Minyak di Tugu Jogja, Pemkot Panggil Pemilik Usaha

Alfi Annisa Karin
Rabu, 08 November 2023 - 15:17 WIB
Ujang Hasanudin
Buntut Luapan Minyak di Tugu Jogja, Pemkot Panggil Pemilik Usaha Petugas membersihkan luapan minyak jelantah yang terjadi di kawasan Tugu Jogja, Selasa (31 - 10 / 2023). Harian Jogja / Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemkot Jogja menduga minyak yang meluap di kawasan Tugu beberapa waktu terakhir itu berasal dari pembuangan limbah pemilik usaha di sekitar Tugu. Ini berdasarkan hasil investigasi yang dilakukan pasca melubernya minyak minggu lalu.

Menindaklanjuti hal ini, Penjabat Wali Kota Jogja Singgih Raharjo menyebut Satpol PP Kota Jogja hari ini (8/11) memanggil beberapa pemilik usaha. Upaya ini dilakukan untuk meminta keterangan dan mendalami kejadian ini secara lebih detail. Namun, Singgih tak menyebut secara pasti jenis usaha apa dan berapa jumlah pemilik usaha yang dipanggil.

Advertisement

"Ada beberapa, lebih dari dua (pemilik usaha)," kata Singgih saat jumpa pers di Balai Kota Jogja, Rabu (8/11).

Singgih menyebut, sejatinya Dinas PUPKP telah melakukan investigasi sejak luapan pertama muncul pada minggu lalu. Pembersihan dan penyedotan bahkan tak hanya dilakukan di TKP, tapi juga sampai ke kawasan Jalan Diponegoro untuk mencari sumber limbah. Dia menambahkan, beberapa sumber luapan minyak telah terdetaksi sejak minggu lalu. Namun, diduga ada sumber lainnya.

"Pada saat berproses mampet meneh. Nampaknya minggu lalu belum tuntas investigasinya, sudah meluap lagi," ujarnya.

BACA JUGA:Cegah Luapan Minyak di Tugu Jogja, Pemkot Pasang Penangkap Limbah Lemak

Dia menuturkan, seharusnya limbah yang dibuang ke saluran limbah harus difilter terlebih dahulu. Ini untuk memisahkan antara kandungan minyak dan air. Jika nantinya ditemui ada pelanggaran oleh para pemilik usaha, maka pihaknya akan melakukan penindakan. Singgih memastikan kondisi jalanan di sekitar Tugu Jogja kini telah kondusif.

"Semoga ini as soon as possible. Yang jelas, di sana sudah terkondisi dengan baik karena dibersihkan pakai air dan sabun," tutur Singgih. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mesin Pesawat Garuda Pengangkut Jemaah Haji Terbakar, Begini Reaksi Kemenag

News
| Kamis, 16 Mei 2024, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement