Advertisement

Tol Jogja-Solo dan Jogja-Bawen Beroperasi di 2024, Begini Standar Pemasangan Lampu Penerangannya

Sunartono
Sabtu, 11 November 2023 - 17:37 WIB
Sunartono
Tol Jogja-Solo dan Jogja-Bawen Beroperasi di 2024, Begini Standar Pemasangan Lampu Penerangannya Pembangunan konstruksi tiang pancang tol Jogja Bawen. - Harian Jogja - Gigih M. Hanafi.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pembangunan tol Jogja-Solo dan Jogja-Bawen saat ini terus dikebut. Jalur tol ini diperkirakan akan bisa beroperasi pada 2024 mendatang.

Tol Jogja-Solo saat ini dalam proses pengerjaan untuk ruas Kartasura-Klaten dan ruas Junction Sleman-Trihanggo untuk wilayah DIY. Adapun Jogja-Bawen untuk seksi 1 yang sebagian besar melayang di atas Selokan Matara, juga terus dikebut pembangunannya.

Advertisement

Titik pertemuan kedua tol ini diberi nama Junction Sleman diperkirakan tuntas di 2024 sehingga bisa terssambung. Salah satu infrastruktur yang krusial di jalur tol adalah penerangan karena titik-titik tol di kedua jalan tol ini tidak semuanya berada di wilayah perkotaan.

BACA JUGA : Proyek Jalan Tol Jogja Solo Seksi 2 di Ring Road Barat Dikebut, Rambu-Rambu Diperbanyak

Berdasarkan situs resmi BPJT, Penerangan Jalan Umum (PJU) di Jalan Tol harus disesuaikan dengan Standard International Road Design berguna sebagai lampu penerangan pada beberapa area jalan tol.

Berdasarkan Standard International Road Design, lampu penerangan tersebut dipasang hanya pada lokasi tertentu seperti di daerah rawan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) atau black spot, mendekati area gerbang tol, simpang susun dan tol dalam kota.

Lampu jalan tol akan disetting juga secara otomatis menggunakan sistem timer switch sehingga lampu dapat menyala dan padam sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Akan tetapi ada beberapa titik yang dinyalakan oleh petugas secara manual.

Beberapa PJU di Jalan Tol juga sudah banyak yang menggunakan tenaga surya dengan memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber energinya.

BACA JUGA : Tol Jogja-Solo Seksi 2: Pembebasan Lahan Capai 53,76 Persen, Sisanya Dikebut

Setiap pemasangan tiang lampu jalan terdapat standar jarak antar tiang minimum sebesar 30 meter dengan tinggi tiang lampu 12 hingga 13 meter. Penentuan jarak antar tiang lampu penerangan tersebut sangat mempengaruhi kualitas penerangan.

Waktu pengoperasian lampu PJU menyala dan padam biasanya dimulai pukul 18.00 hingga pukul 06.00 WIB pagi dengan kuat pencahayaan paling tinggi sebesar 100%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : BPJT

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Banjir Bandang di Sumbar, Basarnas Laporkan Korban Meninggal Capai 43 Orang

News
| Senin, 13 Mei 2024, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement