Advertisement

Pengelola Wisata di Lereng Gunung Merapi Diingatkan soal Bencana Hidrometeorologi

Jumali
Senin, 20 November 2023 - 15:27 WIB
Maya Herawati
Pengelola Wisata di Lereng Gunung Merapi Diingatkan soal Bencana Hidrometeorologi Gunung Merapi terlihat pada Minggu (12/3/2023) - Harian Jogja/Gigih M Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman meminta seluruh pengelola destinasi wisata di lereng Gunung Merapi untuk mewaspadai bencana hidrometeorologi. Hal ini dilakukan untuk memastikan kenyamanan dan keamanan bagi wisatawan yang berkunjung.

Kepala Dispar Sleman Ishadi Zayid mengatakan permintaan untuk pengelola wisata mewasapadi bencana hidrometeorologi akan disampaikan pada forum yang digelar pada pekan depan. Nantinya para pengelola destinasi wisata yang ada di lereng Gunung Merapi akan dikumpulkan dan diberikan penjelasan terkait antisipasi bencana hidrometrologi.

Advertisement

"Pekan depan kami kumpulkan semua. Kami akan ingatkan mengenai antisipasi bencana hidrometrologi. Karena destinasi di lereng Gunung Merapi ini potensial terkena dampaknya. Untuk itu perlu mitigasi," kata Ishadi, Senin (20/11/2023).

Menurut dia, potensi bencana hidrometeorologi berupa banjir, tanah longsor, pohon tumbang, dan angin kencang yang ditimbulkan oleh cuaca ekstrim seperti saat ini tentunya harus disikapi dengan kesiapsiagaan oleh seluruh pengelola destinasi wisata di Sleman.

Adapun destinasi yang wajib meningkatkan kewaspadaan tersebut adalah yang memiliki aktivitas di alur sungai yang berhulu di Gunung Merapi dan daerah lereng-lereng.

BACA JUGA: Sultan HB X Dijadwalkan Berikan Arahan kepada Parpol dan Timses Capres-Cawapres

"Nanti kami ingatkan. Kami minta pengelola agar selalu mengutamakan keselamatan dan kenyamanan wisatawan," katanya.

Optimistis Target Tercapai

Sementara disinggung mengenai target kunjungan wisata, Ishadi mengatakan pada 2023, Dispar Sleman menargetkan sebanyak 7 juta pengunjung. Sementara hingga akhir Oktober, telah ada 5,9 juta pengunjung ke sejumlah destinasi wisata di Bumi Sembada. Adapun destinasi yang jadi lokasi favorit untuk dikunjungi di Sleman ada Candi Prambanan, Tebing Breksi, kawasan Kaliurang dan sejumlah destinasi di lereng Gunung Merapi. "Saat ini degan sisa waktu yang ada, kami optimistis target akan tercapai," katanya.

Untuk mencapai target kunjungan wisatawan, Ishadi mengaku akan memaksimalkan sejumlah pementasan di sejumlah objek wisata pada musim libur Natal dan Tahun Baru 2024. Sebab, saat ini kalender even dari Dispar telah berakhir.

"Kalender even selesai di Ngayogjazz. Nanti di akhir tahun hanya ada pentas reguler di sejumlah destinasi wisata," ucap Ishadi.

Mengenai jumlah kunjungan wisatawan mancanegara, Ishadi, sejauh ini tidak banyak jumlahnya. Sebab, wisatawan yang datang ke Sleman didominasi wisatawan domestik. "Untuk itu kami masih mengandalkan wisatawan domestik untuk mencapai target kunjungan wisatawan tahun ini," ucap Ishadi.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kini Sertifikat dan Notifikasi Imunisasi Dapat Diakses secara Digital

News
| Senin, 20 Mei 2024, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement