Advertisement

Rute Jalur Alternatif ke Gunungkidul Hindari Tanjakan Piyungan-Patuk, Lewat Jembatan Sembada Handayani

Sunartono
Rabu, 29 November 2023 - 19:17 WIB
Sunartono
Rute Jalur Alternatif ke Gunungkidul Hindari Tanjakan Piyungan-Patuk, Lewat Jembatan Sembada Handayani Kondisi terkini jembatan Bobung yang berada di jalan alternatif Gunungkidul-Sleman yang sudah selesai pembangunan dan tinggal pengaspalan. Foto diambil Jumat (24/11 - 2023) Harian Jogja - David Kurniawan.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Jalan alternatif ke Gunungkidul melewati Sleman hampir tuntas dan bisa dilewati pada 2024 mendatang. Jalan baru yang dibangun Pemda DIY ini menjadi jalur alternatif ke Gunungkidul untuk menghindari tanjakan Piyungan-Patuk dengan melewati jembatan Sembada Handayani.

Jalur alternatif dari Sleman ke Gunungkidul dengan melewati sisi utara perbukitan Nglanggeran kini telah tersambung setelah Dinas PUP-ESDM menuntaskan proyek Tawang-Ngalang. Jalur Tawang-Ngalang ini menghubungkan antara Tawang, Des Ngoro-oro, Patuk hingga Desa Ngalang, Kapanewon, Gedangsari.

Advertisement

Pembangunan konstruksi Jalan Tawang-Ngalang Segmen II dan III berlangsung dari Februari-Desember 2023 terdiri atas segmen II sepanjang 1,85 km dan Segmen III sepanjang 0,975 km. Pada tahun sebelumnya, yaitu 2021 telah dilakukan pembangunan konstruksi ruas Jalan Tawang-Ngalang Segmen I sepanjang 1,9 km dan Segmen V sepanjang 1,375 km. Kemudian tahun 2022 telah dilakukan pembangunan konstruksi ruas Jalan Tawang-Ngalang Segmen IV sepanjang 3,4 km.

BACA JUGA : Kini Ke Gunungkidul Tak Harus Lewat Tanjakan Piyungan-Patuk, Ada Jalan Alternatif dari Sleman

Jalan baru ini bisa menjadi alternatif jika ingin menghindari tanjakan Piyungan-Patuk yang kerap terjadi kemacetan panjang. Untuk menuju jalur ini, dari arah Jogja (di Jalan Wonosari) jika sampai di Simpang Tiga Piyungan, maka berbelok ke kiri atau menuju arah Prambanan.

Setelah RSUD Prambanan lurus kemudian ada jalur menuju ke arah timur menuju perbukitan Prambanan. Lalu masuk ke arah timur berbelok ke kanan menuju ke Jalan Candi Ijo, kondisi jalan tersebut saat ini memang belum lebar namun saat ini dalam proses pembangunan karena tersambung dengan exit toll Bokoharjo.

Kemudian lurus ke timur menuju ke arah Candi Ijo/Tebing Breksi, menuju ke arah Gayamharjo dan melewati jalur di atas Obelix sampai di pertigaan belok ke kiri ke arah timur laut di Jalan Bratayuda sampai ke pertigaan Gayamharjo lalu berbelok menuju Jalan Sembada Handayani.

Setelah sampai di wilayah Gunungkidul mengikuti jalur kemudian sampai ke persimpangan Ngoro-oro. Di persimpangan ini jika ke kiri arah Klaten, kanan menuju Dlingo dan lurus ke arah Gedangsari/Nglanggeran. Selanjutnya mengambil arah Gedangsari/Nglanggeran hingga sampai ke Sambipitu Patuk. Di lokasi ini jika berbelok ke kanan akan menuju jalan Jogja Wonosari tepatnya menuju arah Bunder, Playen. Namun jika ke kiri akan menuju Nglipar menuju Wonosari.

BACA JUGA : Wuih! Utang Indonesia Kini Nyaris Tembus Rp8.000 Triliun

Akan tetapi sebagai catatan untuk jalan di wilayah Sleman saat ini masih dalam proses pengerjaan yang diperkirakan tuntas pada 2024 mendatang. Jalur tersebut tetapi bisa menjadi alternatif dengan melewati jalan eksisting untuk wilayah Sleman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tahun Ini Bagi-Bagi Rice Cooker Gratis Bakal Ada Lagi, Kementerian ESDM: Anggaran Sudah Ada

News
| Kamis, 29 Februari 2024, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Kegiatan Spiritual dan Keagamaan Jadi Daya Tarik Wisata di Candi Prambanan

Wisata
| Kamis, 29 Februari 2024, 11:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement