Advertisement

Duh! Sejumlah Bus Wisata Tak Miliki Kelengkapan Operasional

Lugas Subarkah
Jum'at, 01 Desember 2023 - 18:47 WIB
Arief Junianto
Duh! Sejumlah Bus Wisata Tak Miliki Kelengkapan Operasional Petugas mengecek kelengkapan bus pariwisata di kawasan Pantai Parangtritis dan sekitarnya, Rabu (29/11/2023) hingga Juamt (1/12/2023). - Istimewa/Dishub Bantul

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Sejumlah bus wisata dari luar daerah yang masuk ke Bantul didapati tidak memiliki kelengkapan beroperasional. Hal ini ditemukan dalam penegakan hukum Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul di kawasan wisata Pantai parangtritis.

Kabid Angkutan Dinas Perhubungan Bantul, Toto Pamudji Rahardjo, mengatakan penegakan hukum tersebut berlangsung tiga hari, dari Rabu (29/11/2023) hingga Jumat (1/12/2023) dengan melibatkan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) DIY, Jasa Raharja dan Ditlantas Polda DIY.

Advertisement

Dari operasi ini, total ada 32 unit bus yang diperiksa. Beeberapa bus sudah memenuhi kelengkapan operasional, namun beberapa juga ada yang belum lengkap. “Beberapa sudah lengkap izinnya, juga kelengkapan sopir sudah terpenuhi,” katanya, Jumat (1/12/2023).

Beberapa bus yang belum lengkap diantaranya enam unit izin ujinya kadaluarsa, 11 unit tidak memiliki Penerbitan Kartu Pengawasan (KPS) dan 12 unit tidak lengkap STNK dan sopirnya tidak memiliki SIM. ‘Semuanya sudah dilaksanakan penindakan,” ungkapnya.

Untuk armada yang tidak memiliki STNK dan SIM langasung ditilang oleh Ditlantas Polda DIY. Kemudian untuk pelanggaran tidak memiliki KPS atau KPS kadaluarsa ditangani oleh BPTD DIY. “Sesuai ranah masing-masing langsung menindak di TKP,” paparnya.

Bus-bus tersebut sebagian besar berasal dari luar kota yang masuk ke Bantul untuk berwisata. “Mereka datang dari beberapa penjuru lokasi, berwisata di wilayah Bantul, terutama di Parangtritis. Rata-rata dari luar daerah,” kata dia.

BACA JUGA: Terlindas Bus Pariwisata, Pengendara Motor Asal Gunungkidul Tewas di Jalan Jogja-Wonosari

Operasi ini rutin dilaksanakan setiap tahun terutama menjelang momen libur baik Lebaran maupun Natal dan Tahun Baru. “Ini bagian dari kami untuk melindungi masyarakat ketika mereka menggunakan sarana transportasi darat,” ujarnya.

Menjelang Natal dan Tahun Baru ini, Dishub Bantul akan kembali menggelar ramp check yang dijadwalkan pada Desember. “Lokasi sudah kami target, Desember ini akan kami laksanakan kembali bersama dengan BPTD DIY dan Dishub provinsi,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bertolak ke Melbourne, Jokowi hadiri KTT Asean-Australia

News
| Senin, 04 Maret 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Bidik Turis Portugal sebagai Pasar Pariwisata

Wisata
| Minggu, 03 Maret 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement