Advertisement

7 Agenda Wisata di Jogja Sepanjang Desember 2023

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 02 Desember 2023 - 09:37 WIB
Abdul Hamied Razak
7 Agenda Wisata di Jogja Sepanjang Desember 2023 Penampilan Bintang Band dalam Ngayogjazz 2023 yang diadakan Gancahan, Kalurahan Sidomulyo, Kapanewon Godean pada Sabtu (18/11 - 2023).(Harian Jogja // Catur Dwi Janati)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Memasuki akhir tahun 2023, atraksi wisata di Jogja masih menghiasi sepanjang bulan Desember ini. Tema-tema sport tourism, seni dan budaya hingga konser musik dapat Anda nikmati.

Bagi Anda yang ingin mengikuti kegiatan wisata di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) selama Desember 2023, berikut informasi sejumlah agenda wisata yang bisa dinikmati.

Advertisement

1. Menoreh Geo Heritage Run & Walk

Menoreh Geo Heritage Run & Walk hadir untuk pertama kali di Embung Tonogoro Kulonprogo. Kegiatan ini mengajak peserta untuk melakukan “Jelajah Ruang Menoreh Geoheritage Run and Walk”

Selain itu, peserta dapat menikmati panorama perbukitan Menoreh dengan berlari 5km atau jalan kaki 3km. Peserta bisa memilih sendiri jarak yang diinginkan sebelum start.

Selain soal kesehatan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi tentang penataan ruang Menoreh secara visual dan non visual.

Dikutip dari situs visitingjogja.jogjaprov.go.id, Menoreh Geo Heritage Run & Walk akan digelar pada Sabtu, 9 Desember 2023 mulai pukul 06.00 WIB di Embung Tonogoro, Banjaroyo, Kalibawang, Kulonprogo. Penyelenggara menarik biaya per peserta sebesar Rp25.000 melalui aplikasi Visiting Jogja Apps

Acara ini juga akan dimeriahkan dengan pertunjukan band, dan kesenian tradisional. Semua peserta baik Run maupun Walk akan mendapatkan fasilitas meliputi :
– Shuttle dari Jogja-Kulonprogo PP
– Jersey Lari/Olahraga
– Medali Finisher
– Nomor Dada
– Kupon Undian Doorprize & Refreshment

Kegiatan ini persembahan dari Dinas Pariwisata DIY bekerjasama dengan Pemkab Kulonprogo, Pokdarwis Banjaroya dengan dukungan penuh dari Dana Keistimewaan DIY.

2. Festival Outdoor dan Lifestyle

Selain Menoreh Geo Heritage Run & Walk, ada juga Festival Outdoor dan Lifestyle Hadir Pertama Kali di Jogja Expo Center.

Outdoor Lifestyle Festival Indonesia 2023 ini merupakan perpaduan event brand outdoor, konser musik dan edutainment yang akan memberikan pengalaman seru.

Kegiatannya sudah berlangsung sejak Kamis 30 November hingga 3 Desember 2023 mulai 10.00-22.00 WIB. Untuk menarik kunjungan, penyelenggara akan menghadirkan Hip Hop Foundation, Rebellion Rose hingga Megatruh.

3. Abhinaya Reksa Buwana

Kegiatan ini merupakan event tahunan yang diharapkan menjadi perekat pemersatu (sakiyeg saeko kapti) melalui bangunan sosial masyarakat antara rakyat (kawula) dan para pemimpinnya (pemerintah) bersatu padu (golong-gilig) berbagi peran menciptakan tatanan kehidupan yang harmonis antara manusia, alam dan penciptanya.

Abhinaya Reksa Buwana digelar pada Sabtu, 2 Desember 2023 mulai pukul 07.00 – 22.45 WIB di Kalurahan Mangunan, Bantul. Even ini diawali dengan Kirab Tirta Mukti Rekso Bumi pada pagi hari. Malam hari digelar di Telaga Mardigdo digelar berbagai atraksi diakhiri dengan flashmob Topeng Notowono.

4. Sumonar Fest 2023

Dikutip dari visitingjogja.jogjaprov.go.id, saat ini berlangsung Sumonar Fest sejak 25 November hingga 5 Desember mendatang. Even ini layak dijadikan insta story yang ciamik.

Selain bisa kulineran, slow living, para pengunjung bisa menyaksikan karya-karya seniman lokal hingga mancanegara yang diproyeksikan ke bangunan bersejarah.

Selain memamerkan karya pelaku seni cahaya lokal, tahun ini juga bakal ada seniman mancanegara yang ikut serta. Mulai dari Chili, Polandia, dan Spanyol.

Sumonar Fest dapat disaksikan di Galeri Museum Affandi, DI Yogyakarta untuk Art Exhibition dan Fasad BNI 46, Titik 0 Km Yogyakarta untuk Video Mapping Show 1 – 3 Desember 2023

5. Sriharjo Fun Trail Run

Agenda liburan akhir tahun di Yogyakarta menyuguhkan Trail Run yang diklaim terkeren se-DIY, Sriharjo Fun Trail Run. Start dan finish kegiatan ini akan digelar di Desa Wisata Srikeminut, Sriharjo, Imogiri Bantul.

Pelaksanaan Sriharjo Fun Trail Run akan digelar pada 10 Desember mendatang.

6. Gending Budaya

Even ini kembali menghadirkan penampilan spektakuler dengan rangkaian pertunjukan karawitan dan tari yang akan ditampilkan oleh Mahasiswa Bisnis Perjalanan Wisata, Departemen Bahasa Seni dan Manajemen Budaya, Universitas Gadjah Mada

Even ini akan dilaksanakan pada Selasa 5 Desember 2023 pukul 18.00 WIB di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta.

7. Swara Prambanan

Rayakan Malam Tahun Baru di kota Jogja istimewa. Pengunjung bsia mengikuti instalasi seni “Bukti Cinta Ke-1000” dan merayakan malam tahun baru bersama Sheila On 7 , Ndarboy Genk, Shaggydog, Jikustik, dan Kunto Aji.

Nikmati juga suasana otentik Jogja lewat pertunjukan Sendratari Ramayana, serta berbagai keseruan lainnya pada even swara prambanan di tanggal 31 Desember 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konser Kali Kedua di Jakarta, Ed Sheeran Gunakan Music Performer Visa

News
| Senin, 04 Maret 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Bidik Turis Portugal sebagai Pasar Pariwisata

Wisata
| Minggu, 03 Maret 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement