Advertisement

Layanan Kedaruratan Jogja PCS 119 Yes Dapat Penghargaan

Triyo Handoko
Minggu, 03 Desember 2023 - 20:47 WIB
Maya Herawati
Layanan Kedaruratan Jogja PCS 119 Yes Dapat Penghargaan Pejabat Wali Kota Jogja Singgih Raharjo (tengah) saat menerima penghargaanPlatinum Award kategori inovasi Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu untuk layanan PCS 119 YES. ist - Pemkot Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Layanan kedaruratan milik Pemkot Jogja yaitu PCS 119 Yogyakarta Emergency Service (YES) dapat penghargaan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Penghargaan tersebut lantaran PCS 119 YES mampu mengatasi situasi kegawatan dalam hitungan menit.

Melalui telepon terpusat dengan nomor 119 seluruh masyarakat Jogja dapat mengakses layanan darurat ini. Awal mula layanan ini dimulai pada 2008, lalu terus dilakukan inovasi agar bisa menyesuaikan situasi mutakhir.

Advertisement

Pejabat Walikota Jogja Singgih Raharjo yang menerima langsung penghargaan tersebut menjelaskan layanan PCS 119 YES merupakan penanggulangan pada kecelakaan sebelum dilakukan perujukan ke rumah sakit. ''PSC 119 YES memberikan pelayanan penanganan pertama kegawatdaruratan maupun kecelakaan atau pra-hospital yang terjadi di masyarakat dan bantuan rujukan ke rumah sakit yang bekerjasama dengan PSC 119 YES," ujarnya dalam rilis, Minggu (3/12/2023).

Layanan PCS 119 YES, jelas SInggih, telah dilengkapi sumber daya manusia yang kompeten seperti dokter umum yang turun langsung ke lapangan. "Layanan ini juga telah dilengkapi driver ambulan dan perawat yang terlatih. Layanan PSC 119 YES ini memiliki 4 dokter, 16 perawat, dan 12 pengemudi," ujarnya.

PSC 119 YES juga telah bekerjasama dengan Rumah Sakit (RS) jejaring seperti RS Jogja, RS dr Soetarto, RS PKU Muhammadiyah Kota Yogyakarta. Selain itu juga ada RSKB Soedirman, RS Bethesda, RS Bethesda Lempuyangan, RS Panti Rapih, RSI Hidayatullah, RS Ludira Husada Tama, RS Happy Land, dan RS Pratama.

BACA JUGA: PSS Sleman Kalah 0-1 dari PSIS Semarang, Diwarnai Kericuhan

Penghargaan yang diperoleh layanan ini adalah Platinum Award kategori inovasi Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT) dari Indonesia Healthcare Forum (IndoHCF). Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Inspektur Jenderal Kemenkes pada Sabtu (2/12/2023) kemarin.

Ketua Umum IndoHCF, Supriyantoro menuturkan diraihnya platinum award oleh PSC 119 YES lantaran inovasi tersebut dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Kota Jogja. "Inovasi kesehatan ini digunakan untuk merespon kasus gawat darurat seperti penanganan korban kecelakaan lalu lintas dan permintaan bantuan kesehatan," ungkapnya.

Supriyantoro menjelaskan inovasi dan terobosan di bidang kesehatan sangatlah penting guna mendukung berbagai agenda pembangunan nasional secara keseluruhan. "Syarat utamanya adalah bagaimana terobosan dan inovasi tersebut harus bisa dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat luas," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kasus Pemerkosaan dan Pelecehan Seksual Jadi Kasus Terbanyak di Mahkamah Syariyah di Aceh

News
| Selasa, 05 Maret 2024, 13:07 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Bidik Turis Portugal sebagai Pasar Pariwisata

Wisata
| Minggu, 03 Maret 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement