Advertisement

Sanca 2 Meter Dievakuasi Dari Kandang Ayam di Plakaran

Lugas Subarkah
Senin, 04 Desember 2023 - 19:47 WIB
Mediani Dyah Natalia
Sanca 2 Meter Dievakuasi Dari Kandang Ayam di Plakaran Petugas BPBD Bantul mengevakuasi ular dari kandang ayam, di wilayah Banguntapan, Senin (4/12 - 2023).(IST BPBD Bantul)

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Seekor ular sanca ditemukan di dalam kandang ayam, di lingkungan permukiman warga, di Plakaran, Kalurahan Baturetno, Banguntapan, Senin (4/12/2023) pagi. Ular sepanjang 2 meter itu dievakuasi Pemadam Kebakaran Bantul.

Kabid Pemadam Kebakaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul, Irawan Kurnianto, menjelaskan ular tersebut pertama kali ditemukan oleh pemilik kandang ayam, Warsito, seda ketika memberi makan ayamnya, pukul 06.30 WIB.

Advertisement

“Saat itu, Pak Warsito mendengar suara desisan dari dalam kandang ayam. Setelah disenter ternyata ayam sedang dimakan ular, kemudian anaknya langsung melapor ke Pusdalops Bantul guna meminta bantuan evakuasi,” ujarnya saat dikonfirmasi.

Baca Juga:

Puluhan Ular Tercatat Masuk Rumah di Kulonprogo

Anak Ular Bersarang di Jok Motor Milik Warga di Trucuk Klaten

Ular Kobra Jawa Sembunyi di Samping Lemari Pakaian Warga Bantul

Evakuasi ular dilakukan oleh empat personel dengan dilengkapi alat pelindung diri (APD) dan alat evakuasi ular. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Adapun jenis ular diketahui jenis Sanca. “Panjang kurang-lebih dua meter,” ungkapnya.

Setelah berhasil dievakuasi, ular tersebut kemudian dibawa oleh petugas untuk diamankan. "Saat ini masih disimpan di Pos Sektor Banguntapan," katanya.

Ia mengimbau masyarakat yang menemukan ular di lingkungannya agar jangan menangkap sendiri jika tidak memiliki kemampuan dan alat yang memadahi. “Segera menghubungi petugas Damkar BPBD Bantul di nomor 0274-6462100 atau melalui call center 112," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gibran Enggan Beberkan Hasil Pembahasan Kementerian Baru dengan Prabowo di Kartanegara

News
| Sabtu, 24 Februari 2024, 08:27 WIB

Advertisement

alt

Pelancong Masuk ke Thailand Diwajibkan Bawa Uang Tunai Minimal Rp6,7 Juta

Wisata
| Jum'at, 23 Februari 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement