Advertisement

Puluhan Ular Tercatat Masuk Rumah di Kulonprogo

Andreas Yuda Pramono
Kamis, 24 Agustus 2023 - 18:02 WIB
Budi Cahyana
Puluhan Ular Tercatat Masuk Rumah di Kulonprogo Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kulonprogo mencatat puluhan laporan kasus hewan liar seperti ular masuk rumah selama Januari sampai 24 Agustus 2023.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kulonprogo, Budi Prastawa, mengatakan instansinya menerima 60 laporan ular masuk rumah selama tujuh bulan terakhir. "Laporan sementara penanganan kejadian non-kebakaran untuk hewan liar seperti ular masuk rumah ada 60 kasus. Itu dari Januari sampai hari ini," kata Budi ditemui di kantornya, Kamis (24/8/2023).

Advertisement

Budi menambahkan selain ular atau hewan liar, BPBD juga telah menangani 327 sarang tawon yang mengganggu warga sekitarnya. Selain itu, BPBD juga 14 kali mengevakuasi kucing.

"Sejak awal Agustus sampai hari ini ada 16 laporan untuk evakuasi sarang tawon, lalu tujuh laporan untuk ular, kemudian satu untuk kucing," katanya.

Budi menjelaskan dari setiap laporan ular, kebanyakan hanya satu ekor yang masuk. Menurut dia, beberapa alasan ular masuk rumah seperti mencari makan.

"Kadang kalau warga punya kolam malah mengundang datangnya kodok. Nah, kodok memancing  ular datang. Begitu pun dengan tikus," ucapnya.

Budi meminta penghuni rumah menjaga kebersihan rumah dan pekarangan untuk mencegah ular masuk.

Selain laporan gangguan hewan, BPBD juga menerima 18 laporan mengenai penanganan cincin yang tidak dapat dicopot dari jari tangan.

"Kami juga menggandeng public safety center [PSC] Dinas Kesehatan Kulonprogo agar aman. Maksudnya ketika memotong cincing harus sehigienis mungkin. Perlu didampingin PSC. Alatnya kami pakai gerinda yang kecil, biasanya untuk memahat patung," lanjutnya.

Budi juga mengaku pernah menemukan kasus dimana cincin tidak dapat lepas sampai membuat jari warga bengkak. 

Apabilamembutuhkan bantuan BPBD dalam menangani hewan liar masuk rumah atau kejadian lain, masyarakat dapat menghubungi nomor Whatsapp Damkar Kulonprogo di 081391126113 atau (0274) 775113.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kasus Covid-19 di Singapura Meningkat 2 Kali Lipat dalam Sepekan

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement