Advertisement

Sejumlah Siswa SD dan SMP di Bantul Peroleh Nilai ASPD Nyaris Sempurna

Stefani Yulindriani Ria S. R
Selasa, 05 Desember 2023 - 12:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Sejumlah Siswa SD dan SMP di Bantul Peroleh Nilai ASPD Nyaris Sempurna Pelaksanaan ASPD di Kota Jogja, beberapa waktu lalu / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, BANTULAsesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD) dinilai sebagai upaya memetakan kualitas pendidikan di jenjang SD dan SMP. Pada penyelenggaraan ASPD tahun ajaran 2022/2023, ada siswa SD dan SMP di Bantul memperoleh nilai ASPD nyaris sempurna. 

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Bantul, Isdarmoko menyampaikan ASPD merupakan salah satu tolak ukur keseriusan daerah dalam menangani isu-isu pendidikan. Menurutnya, ASPD menjadi simulasi untuk prestasi-prestasi peserta didik, pendidik, pengawas, dan satuan pendidikan di kancah nasional.

Advertisement

BACA JUGA: PSPD UGM Dorong Pengembangan Ekonomi Biru Melalui Jejaring Komunitas

Karena itu, menurut dia, Disdikpora Kabupaten Bantul berupaya meningkatkan kualitas pendidikan di jenjang tersebut dengan pendampingan kepada para guru agar dapat mendampingi siswa-siswi yang akan menjalani ASPD dengan baik. Dia pun mendorong agar para guru dan siswa dapat mempersiapkan ASPD dengan maksimal.

“Sejak awal [ASPD] harus disiapkan, siswa harus dikenalkan, guru harus diintervensi agar familiar dengan soal tipe tersebut, sehingga dapat diuji cobakan kepada siswanya. Itu supaya hasilnya bagus,” katanya melalui telepon Selasa (5/12/2023).

Dia menyampaikan pihaknya juga menggandeng beberapa stakeholder untuk dapat turut berpartisipasi meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Bantul, antara lain menggandeng komunitas yang bergerak di bidang pendidikan. 

“ASPD menjadi rapot pendidikan, rapor mutu. Ini yang harus kita fokus untuk selalu meningkatkan rapor mutu kita, bagaimana kemampuan literasi, numerasi dan sebagainya. Ini yang menjadi komitmen kami, sehingga seluruh komunitas kita gerakkan untuk meningkatkan mutu pendidikan,” imbuhnya.

Dia menyampaikan Disdikpora Kabupaten Bantul telah memberikan apresiasi terhadap siswa peraih nilai tertinggi pada ASPD tahun 2022/2023 di Kabupaten Bantul untuk memacu peningkatan prestasi siswa.

“Kita ingin mendorong Kabupaten ini berprestasi. Peserta didik, pendidik, pengawas, dan satuan pendidikan mari kita berlomba untuk terus menjadi baik dan lebih baik lagi dari hari ke sehari. Selamat untuk para penerima penghargaan, semoga menjadikan motivasi bagi kita semua”, katanya.

Penghargaan ini diserahkan kepada beberapa penerima, yaitu 3 besar peserta peraih nilai ASPD, pengawas dengan satuan pendidikan yang masuk dalam 3 besar, 3 besar satuan pendidikan dengan hasil ASPD terbaik, dan 3 satuan pendidikan dengan peningkatan rata-rata nilai ASPD tertinggi. Seluruh penghargaan tersebut ditujukan untuk jenjang SD dan SMP sederajat.

BACA JUGA: Stok Pangan Jelang Nataru di Bantul Aman Meski Harga Masih Tinggi

Berdasarkan data Disdikpora Kabupaten Bantul, siswa yang memperoleh nilai rata-rata ASPD tertinggi jenjang SD tahun ajaran 2022/2023 yaitu Hanifa Vitria Ayu Maharani, SDN Banunjiwo yang memperoleh nilai baca tulis 95,00 numerasi 93,33 dan sains 97,14 dengan jumlah 285,47 atau rata-rata 95,16. 

Sementara untuk nilai rata-rata ASPD tertinggi jenjang SMP tahun ajaran 2022/2023 diperoleh Shofi Rahayu Suciati, SMPN 2 Bantul yang memperoleh nilai Bahasa Indonesia 96,00, matematika 97,50, Bahasa  Inggris 92,00, IPA 97,50 dengan jumlah 383,00 atau rata rata 95,75.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Manchester City Pepet Liverpool di Puncak Kalsemen Liga Inggris

News
| Senin, 04 Maret 2024, 09:57 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Bidik Turis Portugal sebagai Pasar Pariwisata

Wisata
| Minggu, 03 Maret 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement