Advertisement

Kemenag Kulonprogo Berikan Pendampingan Sertifikasi Produk Halal

Andreas Yuda Pramono
Selasa, 05 Desember 2023 - 12:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Kemenag Kulonprogo Berikan Pendampingan Sertifikasi Produk Halal Logo Halal / Ist

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kulonprogo memberikan layanan pendampingan sertifikasi produk halal melalui Stand Kankemenag Kulonprogo di Mall Pelayanan Publik (MPP).

Kepala Kankemenag Kulonprogo, Wahib Jamil mengatakan stand tersebut merupakan sebuah terobosan yang bertujuan untuk  memudahkan dan mendekatkan layanan kepada masyarakat terutama pendampingan produk halal. Layanan pendampingan tersebut diberikan secara gratis.

Advertisement

"Layanan sertifikasi halal adalah termasuk program unggulan dari Kementerian Agama sehingga perlu terus disosialisasikan agar masyarakat menjadi tahu terkait program yang ditawarkan. Pembuatan dan pendampingan sertifikasi produk halal itu gratis, tidak dipungut biaya," kata Wahib dihubungi, Selasa (5/12/2023).

BACA JUGA: Musim Tanam Padi di Nanggulan Kulonprogo Mundur, Ini Dampaknya

Wahih menambahkan pendamping produk halal (PPH) untuk dapat mendampingi masyarakat dengan profesional dan sabar. Sebabnya warga memiliki latar belakang berbeda-beda, mulai dari latar belakang pendidikan sampai sosial.

“Pendampingan sertifikasi halal ini akan memberikan benefit yang banyak bagi para pelaku UMKM, seperti jaminan kepastian kehalalan produk, meningkatkan kepercayaan masyarakat, memperluas jaringan distribusi produk hingga ke supermarket, serta memperoleh kesempatan meraih pasar global,” katanya.

Ketua PPH Kulonprogo, Nurhadi mengaku siap untuk melakukan sosialisasi bersama tim, terkait program sertifikasi halal di bawah koordinasi Kankemenag Kulonprogo.

"Saat ini masyarakat masih banyak yang belum tahu terkait program [pendampingan] sertifikasi produk halal tersebut sehingga dibutuhkan sosialisasi dan pendekatan yang masif di kalangan pelaku UMKM. Tentu tetap perlu kami tekankan ke depan bahwa pendampingan dan proses sertifikasi halal ini gratis, tidak dipungut biaya sepeserpun,” kata Nurhadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konser Kali Kedua di Jakarta, Ed Sheeran Gunakan Music Performer Visa

News
| Senin, 04 Maret 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Bidik Turis Portugal sebagai Pasar Pariwisata

Wisata
| Minggu, 03 Maret 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement