Advertisement

Hadapi Lonjakan Wisatawan saat Libur Akhir Tahun, Begini Persiapan Pemkab Gunungkidul

David Kurniawan
Senin, 11 Desember 2023 - 20:17 WIB
Arief Junianto
Hadapi Lonjakan Wisatawan saat Libur Akhir Tahun, Begini Persiapan Pemkab Gunungkidul Ilustrasi Pantai Baron. - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Perhubungan Gunungkidul mulai mempersiapkan untuk menjamin kelancaran akses selama libur akhir tahun. Salah satunya dengan menggelar survei kesiapan jalur selama liburan berlangsung.

Kepala Bidang Lalu Lintas, Dinas Perhubungan Gunungkidul, Bayu Susilo Aji mengatakan, sudah ada koordinasi lintas sektroal berkaitan dengan persiapan menyambut libur akhir tahun.

Advertisement

Tindak lanjut dari pertemuan ini dilakukan survei jalan yang melibatkan personel dari Polres Gunungkidul, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Dinas Pariwisata hingga Jasa Raharja. “Hari ini dilakukan survei di Kawasan JJLS di Kapanewon Rongkop ke barat,” kata Bayu kepada Harianjogja.com, Senin (11/12/2023).

Dia menjelaskan, survei dilakukan untuk memastikan kesiapan jalur aman dilalui saat libur akhir tahun. Oleh karenanya, pelaksanaan melibatkan tim dari lintas sektor. “Survei hanya jadi bagian dari persiapan menyambut musim liburan di akhir tahun ini. Sebab, ada persiapan lain mulai dari ramcek kendaraan angkutan hingga perbaikan fasilitas lampu penerangan yang mengalami kerusakan,” katanya.

Dia menjelaskan, guna menyambut libur akhir tahun, dinas perhubungan menerjunkan 94 perseonel. Tim ini dibagi dalam beberapa ketugasan mulai dari pelayanan angkutan dan terminal; pendataan angkutan yang keluar masuk Gunungkidul.

Selain itu, juga ada personel untuk penganturan lalu lintas, baik di jalur utama dan wisata; pengamanan arus mudik maupun balik. “Ada juga tim pengawasan untuk layanan perparkiran maupun fasilitas jalan lainnya,” katanya.

BACA JUGA: Kemacetan Libur Akhir Tahun Dipetakan, Titik Simpul Berbeda antara Libur Natal dan Tahun Baru

Disinggung mengenai adanya potensi kemacetan di jalur utama Kota Jogja-Wonosari maupun wisata, Bayu mengaku sudah menyiapkan sejumlah skenario rekayasa lalu lintas. Ia mencontohkan, untuk jalur utama dengan menyiapkan jalur alternatif via Dlingo, Bantul maupun jalan baru Gunungkidul-Sleman via Nglanggeran, Patuk.

“Hal sama juga ada di area wisata kami juga siapkan upaya rekayasa lalu lintas saat terjadi kepadatan maupun potensi kemacetan dengan memanfaatkan akses di JJLS. Yang jelas, kami berupaya agar pelaksanaan libur akhir tahun dapat berjalan lancar dan aman,” katanya.

Hal tak jauh berbeda diungkapkan oleh Kepala Dinas Perhubungan Gunungkidul, Rakmadian Wijayanto. Menurut dia, berbagai persiapan terus dilakukan untuk menyambut libur akhir tahun. “Ada potensi kenaikan laju kendaraan selama masa liburan. Jadi, harus mulai disiapkan mulai dari sekarang agar semuanya dapat berjalan dengan lancar,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konser Kali Kedua di Jakarta, Ed Sheeran Gunakan Music Performer Visa

News
| Senin, 04 Maret 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Bidik Turis Portugal sebagai Pasar Pariwisata

Wisata
| Minggu, 03 Maret 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement