Advertisement

Pemetaan TPS Blank Spot DIY, Terbanyak Kabupaten Gunungkidul

Newswire
Selasa, 12 Desember 2023 - 09:07 WIB
Maya Herawati
Pemetaan TPS Blank Spot DIY, Terbanyak Kabupaten Gunungkidul Ilustrasi Komisi Pemilihan Umum / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Kawasan tanpa jaringan Internet di DIY masih cukup banyak. Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY memetakan lokasi tempat pemungutan suara (TPS) di provinsi ini yang masuk kawasan blank spot atau tak terjangkau jaringan Internet.

Ketua Divisi Perencanaan, data, dan informasi KPU DIY Zaenuri Ikhsan mengatakan pemetaan blank spot berkoordinasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika DIY.

Advertisement

"Kami sudah melakukan pendataan dan kami coba koordinasikan dengan Dinas Kominfo apakah bisa membantu untuk area-area yang seperti itu," kata dia, Senin (12/12/2023).

Menurut Zaenuri, kawasan blank spot paling banyak dijumpai di Kabupaten Gunungkidul yang tercatat sebanyak 60 titik pada Pilkada 2020.

Berdasarkan pendataan terakhir di kabupaten itu, petugas masih mencatat sebanyak 170 area dengan koneksi Internat tidak lancar atau lemah. Menurut dia, kendala Internet paling banyak ditemukan di Gunungkidul karena banyak wilayah pegunungan.

"Ini sedang kami coba cek lagi apakah ada provider Internet yang masih mungkin, sehingga nanti hasil akhirnya kami koordinasikan dengan Dinas Kominfo," kata dia.

BACA JUGA: Tol Jogja-Solo Dibuka saat Libur Nataru, 2 Pintu Masuk Disiapkan di Boyolali dan Klaten

Sementara di Kota Jogja sudah tidak ditemukan lagi lokasi sulit koneksi Internet, Kabupaten Sleman masih dua area blank spot di Kapanewon Cangkringan, demikian pula di Kabupaten Bantul yang jumlah kawasan susah internetnya tidak banyak. "Ada dua yang daerah Cangkringan dan itu ada kemungkinan nanti akan pindah lokasi TPS," kata dia.

Menurut Zaenuri, pengecekan koneksi Internet di masing-masing wilayah digunakan untuk memastikan calon pemilih masuk daftar pemilih tetap (DPT) atau belum, serta untuk proses pengiriman data rekapitulasi suara melalui Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap).

Untuk mengantisipasi koneksi Internet tersendat di kawasan tertentu, kata dia, KPU DIY telah menyiapkan dua konsep pengiriman data rekapitulasi suara yakni secara luar jaringan (luring) dan dalam jaringan (daring).

"Di tempat-tempat yang blank spot itu Model C1 Plano [catatan hasil penghitungan suara] itu difoto dulu jadi nanti dikirim, ketika ada sinyal itu langsung nanti terkirim," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dituding Mutu Jalan Tol MBZ di Bawah Standar, Begini Respons Pengelola

News
| Sabtu, 18 Mei 2024, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement