Advertisement

Pameran The LoksTop Upaya Pemkot Kembangkan UMKM Oleh-Oleh Khas Jogja

Alfi Annisa Karin
Sabtu, 18 Mei 2024 - 06:57 WIB
Sunartono
Pameran The LoksTop Upaya Pemkot Kembangkan UMKM Oleh-Oleh Khas Jogja Kegiatan The LoksTop di Plaza Malioboro yang digelar 16/17 Mei 2024 / Dokumentasi Pemkot Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, DANUREJAN—Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM (Perinkop UKM) Kota Jogja kembali menggelar pameran The LoksTop #3 di Atrium Plaza Malioboro pada 16-17 Mei 2024. The LoksTop merupakan akronim dari Oleh-Oleh Khas Jogja Memang Top.

The LoksTop merupakan ajang pameran yang digelar Dinas Perinkop UKM Kota Jogja dengan menghadirkan berbagai produk oleh-oleh khas Kota Jogja. Even ini merupakan salah satu cara untuk menaik-kelaskan produk UKM Kota Jogja. Salah satunya lantaran pelaksanaannya digelar di dalam pusat perbelanjaan.

Advertisement

BACA JUGA : Tingkatkan Daya Saing, Pemkot Jogja Dorong Sertifikasi dan Legalitas Produk UMKM

Kepala Dinas Perinkop UKM Kota Yogyakarta Tri Karyadi Riyanto Raharjo mengatakan The LoksTop diikuti oleh 32 UMKM. Totok, sapaannya, menuturkan peserta didominasi oleh pelaku UMKM non-batik yang tergabung dalam Paguyuban Sri Tanjung. Paguyuban ini merupakan salah satu binaan Dinas Perinkop UKM. Selain batik, ada juga kain jumputan yang turut jadi produk unggulan.

"Selain itu ada juga UMKM kerajinan dan kuliner yang ikut meramaikan pameran ini. Diharapkan melalui pameran tersebut dapat meningkatkan kapasitas dalam upaya pengembangan UMKM di Kota Jogja," ujar Totok.

Penjabat Wali Kota Jogja Singgih Raharjo menyebut, Malioboro, atau lokasi berdirinya Plaza Malioboro menjadi titik pusat keramaian pariwisata di Kota Jogja. Hal ini menjadi daya tarik untuk mendatangkan pengunjung ke pameran The LoksTop. Tujuannya, untuk meningkatkan transaksi sehingga bisa memutar perekonomian para pelaku UMKM.

"Berdasarkan data dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di tahun 2022 Malioboro menjadi destinasi yang paling diminta wisatawan domestik, tentu ini modal yang sangat bagus untuk lebih banyak memanfaatkan hal tersebut dalam mendukung pemasaran produk lokal UMKM Kota Jogja," ungkap Singgih.

BACA JUGA : Kembangkan Digitalisasi UMKM, Pemkot Libatkan Mahasiswa

Dia menambahkan, kegiatan ini merupakan wujud apresiasi bagi para pelaku UMKM oleh-oleh di Kota Joga. The LoksTop juga menjadi muara pembinaan UMKM yang selama ini dilakukan oleh Dinas Perinkop UKM Kota Jogja.

"Pameran ini sebagai bentuk apresiasi kita bersama kepada para UMKM di Kota Jogja supaya produk-produk yang telah dibuat ini tampil dan pastinya bisa dibeli oleh para pengunjung," kata Singgih. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Gempur Rokok Ilegal

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ibadah Haji 2024, 234 Jemaah Haji Indonesia Meninggal Dunia

News
| Selasa, 25 Juni 2024, 20:42 WIB

Advertisement

alt

Inilah Rute Penerbangan Terpendek di Dunia, Naik Pesawat Hanya Kurang dari 2 Menit

Wisata
| Sabtu, 22 Juni 2024, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement