Advertisement

Produk Turunan Sawit UMKM Jogja Dipamerkan di Acara Indonesia Plantation Watch 2024

Yosef Leon
Sabtu, 18 Mei 2024 - 14:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Produk Turunan Sawit UMKM Jogja Dipamerkan di Acara Indonesia Plantation Watch 2024 Produk UMKM dari turunan kelapa sawit yang ditampilkan dalam workshop UMKM muda Indonesia Plantation Watch 2024 di Politeknik LPP Jogja, Sabtu (18/5 - 2024).

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sejumlah produk turunan kelapa sawit dipamerkan dalam acara workshop UMKM muda Indonesia Plantation Watch 2024 di Politeknik LPP Jogja, Sabtu (18/5/2024). Kegiatan ini untuk mengenalkan potensi dan manfaat produk sawit beserta turunannya yang dapat menggenjot perekonomian masyarakat. 

Ketua Asosiasi Planters Muda Indonesia Muhammad Nurfadilah mengatakan, dalam acara itu ada sejumlah rangkaian kegiatan yang dilakukan. Selain workshop dan diskusi panel sejak pagi sampai sore hari, acara juga diisi dengan pameran UMKM hasil dari produk turunan sawit. 

Advertisement

"Topik yang diangkat soal kampanye hitam terhadap produk sawit, kami mau diskusi dengan seluruh elemen apakah memang benar apa yang disampaikan dalam kampanye hitam itu bahwa sawit lebih banyak negatifnya, padahal tidak," katanya. 

BACA JUGA: Status Aktivitas Gunung Ruang Turun dari Siaga ke Waspada, PVMBG: Masih Ada Potensi Bahaya

Menurut Nurfadilah, sangat banyak produk turunan sawit yang sekarang berkembang di antaranya ada coklat, krim, kosmetik dan lain sebagainya. Sawit juga tidak hanya dirasakan bagi daerah penghasil saja, melainkan daerah seperti Jogja yang dikenal dengan banyak UMKM bisa mendulang untung dari sawit.  

"Kurang lebih ada 179 produk turunan sawit, jadi memang banyak sekali manfaatnya. Makanya kami ajak juga UMKM yang menjual produk turunan sawit di acara ini agar ikut menyosialisasikan manfaatnya," kata dia. 

Kepala Divisi UKMK Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) Helmi Muhansyah menyebut, lewat produk turunan manfaat sawit tidak hanya dirasakan oleh perusahaan besar saja. Melainkan juga bisa dinikmati oleh masyarakat biasa dan pelaku UMKM. 

BACA JUGA: Jumlah Kementerian Bertambah dari 34 Jadi 40, Yusril: Masih Wacana, Belum Resmi

"Kami juga punya divisi untuk bermitra dengan UMKM agar produk sawit dimanfaatkan. Termasuk daerah bukan penghasil sawit itu bisa dapat tambahan pendapatan juga," ujarnya. 

Salah satu UMKM asal Jogja yang menjual produk turunan sawit adalah Raras Soetoro yang juga ikut serta dalam pameran itu. Raras mengatakan dia menjual produk seperti lilin aroma terapi, sabun mandi, sampo dan pewangi ruangan yang semuanya dihasilkan dari minyak sawit. 

"Saya olah sendiri mulai dari hulu sampai hilir. Kami memang produk home made di Wedomartani, Sleman. Manfaatnya kan banyak sekali minyak sawit ini, terutama untuk kosmetik dia kayak akan vitamin e," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Gempur Rokok Ilegal

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ibadah Haji 2024, 234 Jemaah Haji Indonesia Meninggal Dunia

News
| Selasa, 25 Juni 2024, 20:42 WIB

Advertisement

alt

Inilah Rute Penerbangan Terpendek di Dunia, Naik Pesawat Hanya Kurang dari 2 Menit

Wisata
| Sabtu, 22 Juni 2024, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement