Advertisement

Salut! Pemkab Kulonprogo Raih 2 Penghargaan Tingkat Nasional Ini

Media Digital
Selasa, 12 Desember 2023 - 17:57 WIB
Arief Junianto
Salut! Pemkab Kulonprogo Raih 2 Penghargaan Tingkat Nasional Ini Kabupaten Kulonprogo meraih dua Penghargaan Tingkat Nasional yaitu Penghargaan Kabupaten/Kota Sehat (Swasti Saba) kategori Padapa dan Penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBMAward) kategori Madya. - Istimewa

Advertisement

KULONPROGO—Dua Penghargaan Tingkat Nasional berhasil diraih oleh Kabupaten Kulonprogo di penghujung 2023, yaitu Penghargaan Kabupaten/Kota Sehat (Swasti Saba) kategori Padapa dan Penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM  Award) kategori Madya.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Republik Indonesia kepada Kabupaten Kulonprogo oleh karena keberhasilannya dalam penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat serta STBM yang berkelanjutan.

Advertisement

Penghargaan diterima oleh Pj. Bupati Kulonprogo, Ni Made Dwipanti Indrayanti, ST., MT didampingi oleh Ketua Forum Kabupaten Sehat Drs. Kasdiyono; Kepala Dinas Kesehatan dr. Sri Budi Utami MKes.; dan perwakilan Bappeda, Restu Dewandaru SE., MM. pada Malam Penganugerahan Pengharagaan Kabupaten/Kota Swasti Saba dan STBM Award Tahun 2023 dalam rangkaian Peringatan Hari Kesehatan Nasional yang ke 59 yang diselenggarakan di Grand Ball Room Hotel Kempinski, Jakarta, Selasa (28/11/2023).

Kepala Dinkes Kulonprogo, dr. Sri Budi Utami, M.Kes, menyampaikan bahwa pada penilaian Kabupaten/Kota Sehat 2023, terdapat sembilan instrumen penilaian atau tatanan yang harus dipenuhi sehingga suatu Kabupaten/Kota disebut Kabupaten/Kota Sehat (KKS).

"Tatanan tersebut adalah Tatanan Kehidupan Masyarakat Sehat Mandiri, Tatanan Pemukiman dan Fasilitas Umum, Tatanan Pasar, Tatanan Satuan Pendidikan, Tatanan Pariwisata, Tatanan Transportasi dan Tertib Lalu Lintas Jalan, Tatanan Perkantoran dan Perindustrian, Tatanan Perlindungan Sosial dan Tatanan Pencegahan dan Penanggulangan Bencana," tutur Sri.

BACA JUGA: Ratusan ASN Kulonprogo Dapat Penghargaan dari Presiden

Sedangkan STBM Award menurut Sri, merupakan ajang pengakuan terhadap keberhasilan daerah atas upaya percepatan perubahan perilaku masyarakat hidup bersih dan sehat. Ada lima pilar penyangga STBM, yaitu buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun, pengolahan air minum dan makanan dengan benar, pengelolaan sampah rumah tangga dan pengelolaan limbah cair rumah tangga.

"Semua penghargaan ini merupakan wujud dari partisipasi dan keberhasilan seluruh masyarakat Kulonprogo dalam upaya membangun Kabupaten Kulon Progo yang lebih sehat," pungkasnya.

Sementara itu, Pj. Bupati Kulonprogo, Ni Made Dwipanti Indrayanti menyampaikan bahwa Kulonprogo sangat bersyukur atas penghargaan ini dan berharap semua akan semakin terpacu untuk berkarya lebih baik lagi sehingga Kulon Progo menjadi semakin sehat dan sejahtera.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Suami Mutilasi Istri di Ciamis: Polisi Periksa Kejiwaan Pelaku

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement