Advertisement

Insan Pariwisata di Sleman Diimbau Mewaspadai Bencana Musim Hujan

Newswire
Rabu, 13 Desember 2023 - 23:07 WIB
Maya Herawati
Insan Pariwisata di Sleman Diimbau Mewaspadai Bencana Musim Hujan Taman wisata Kaliurang di Sleman. / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pengelola dan insan pariwisata di Sleman terutama yang berada di wilayah rawan untuk mewaspadai dan mengantisipasi potensi terjadinya bencana hidrometeorologi pada musim hujan.

"Kami telah sosialisasikan kepada pengelola dan insan wisata khususnya di wilayah yang memiliki kerawanan bencana seperti di lereng Merapi, kawasan sungai dan perbukitan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana hidrometeorologi," kata Kepala Dinas Pariwisata Sleman Ishadi Zayid di Sleman, Rabu (13/12/2023).

Advertisement

Menurut dia, pihaknya juga telah memberikan edukasi dan pelatihan terkait antisipasi bencana hidrometrologi kepada insan wisata, khususnya wisata di lereng Gunung Merapi.

"Pada musim hujan seperti ini, wisata di lereng Gunung Merapi potensial terkena dampaknya, terutama untuk jip wisata volcano tour yang melintasi sungai berhulu Merapi," katanya.

BACA JUGA: Implementasi NPWP sebagai NIK Ditunda

Ia mengatakan, kepada seluruh paguyuban atau kelompok jip wisata yang ada di Sleman, terutama di lereng Merapi diminta agar selalu mengutamakan keselamatan dan kenyamanan wisatawan. "Yang utama adalah keselamatan dan kenyamanan wisatawan," katanya.

Ketua Asosiasi Jip Wisata Lereng Merapi (AJWLM) Sisi Barat Dardiri mengatakan, memasuki musim hujan ini pihaknya akan menggunakan jalur aman sesuai dengan rekomendasi dari BPPTKG dan BPBD Sleman.

"Kami juga ada pembekalan kepada pemandu jip wisata Merapi, tentang keselamatan terhadap para wisatawan dan mencegah adanya kecelakaan. Kami juga tentukan jalur yang digunakan aman serta membekali setiap pemandu dengan HT," katanya.

Ia mengatakan menjelang libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 beberapa pengelola jip wisata lereng Merapi memastikan telah mendapatkan pemesanan dari wisatawan. "Sejak awal Desember sudah banyak pemesanan, diperkirakan akan terus meningkat saat libur Natal dan tahun baru," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menhub Budi Karya Sebut Pembangunan Infrastruktur Transportasi Meningkat Selama 10 Tahun Terakhir

News
| Sabtu, 18 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement