Advertisement

Tol Jogja-Solo Dibuka Fungsional Mulai 22 Desember 2023, Ini Syarat dan Ketentuan Kendaraan Melintas

Sunartono
Minggu, 17 Desember 2023 - 23:27 WIB
Sunartono
Tol Jogja-Solo Dibuka Fungsional Mulai 22 Desember 2023, Ini Syarat dan Ketentuan Kendaraan Melintas Pengemudi melintasi Tol Jogja Solo yang dibuka fungsional di Sawit, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (15/4/2023). - Antara/Aloysius Jarot Nugroho

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—PT Jasamarga Jogja Solo (PT. JMJ) selaku pengelola tol Jogja-Solo akan mengoperasikan jalur fungsional jalan Tol Jogja-Solo mulai 22 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024 mendatang. Pembukaan jalur ini dilakukan untuk mendukung arus lalu lintas dari dan menuju Jogja melalui tol Trans Jawa.

Berdasarkan informasi yang diunggah di akun Instagram @jasamargajogjasolo_official pembukaan tol Jogja-Solo secara fungsional ini akan dilakukan dari Kartasura hingga Karanganom, Klaten sepanjang 13 kilometer. Pengoperasian fungsional tanpa tarif ini bertujuan untuk mendukung pelayanan arus libur Natal dan Tahun Baru 2023.

Advertisement

BACA JUGA : Sowan Sultan Jogja, Perwakilan Kementerian PUPR Bahas Percepatan Tol Jogja-Solo

Dibuka mulai 22 Desember 2023 s.d 03 Januari 2024 yang pada implementasinya dioperasikan sesuai diskresi Kepolisian,” tulis akun @jasamargajogjasolo_official.

Adapun jalan tol Jogja-Solo akan beroperasi mulai pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB hanya untuk beberapa jenis kendaraan yang diperbolehkan melintas. Di antaranya kendaraan roda 4 golongan 1 non bus dan non truk, tidak diperuntukan untuk kendaraan berat. Adapun untuk kecepatan maksimum pengguna jalan yang melewati jalur fungsional ini adalah sebesar 40 Km per jam

Dengan adanya jalur fungsional ini, pengguna jalan dapat menghindari kepadatan yang kerap terjadi di Tugu Kartasura dan jalan raya Solo – Semarang sehingga mampu memangkas waktu tempuh lebih cepat,”.

Pada periode arus mudik Natal yaitu tanggal 22 Desember 2023 s.d 31 Desember 2023, jalur fungsional ini akan beroperasi satu arah dari GT Colomadu (Tol Trans Jawa) Kartasura menuju GT Banyudono (Tujuan Boyolali dan Kartasura) dan GT Karanganom (Tujuan Klaten & Jogja).  Serta masuk menuju GT Colomadu dari arah jalan raya Solo-Semarang dialihkan melalui GT Banyudono pada jam fungsional pukul 06.00 – 17.00 WIB.

BACA JUGA : 21 Desember Seluruh Truk Pengangkut Tanah Uruk Tol di DIY Setop Beroperasi

Sedangkan untuk arus balik pada periode tanggal 1 Januari 2024 hingga 3 Januari 2024 akan beroperasi satu arah dari GT Karanganom menuju GT Banyudono (tujuan Boyolali & Kartasura) dan GT Colomadu (tujuan Tol Trans Jawa)

“PT. JMJ menyiagakan sarana dan prasarana seperti Pos layanan Informasi Siaga dan beberapa petugas diantaranya PJR (Patroli Jalan Raya), MSC (Mobile Service Customer) disiapkan juga ambulance, BBM Mobile,Toilet portable serta Derek Gratis hingga exit tol terdekat,” tulis akun @jasamargajogjasolo_official.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Program Makan Siang Gratis Diharapkan Tidak Semua Dibiayai APBN

News
| Senin, 13 Mei 2024, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Unik, Ada Lampu Bangjo Khusus Unta di Tengah Gurun Pasir

Wisata
| Sabtu, 11 Mei 2024, 18:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement