Advertisement

Terdampak Proyek Tol Jogja-Bawen, Warga Sleman Ini Mengeluh Rumahnya Retak-Retak

David Kurniawan
Selasa, 19 Desember 2023 - 18:37 WIB
Arief Junianto
Terdampak Proyek Tol Jogja-Bawen, Warga Sleman Ini Mengeluh Rumahnya Retak-Retak Erwin, warga RT03, Padukuhan Sanggrahan saat menunjukan dinding rumah retak yang diduga karena pembanguann tol di belakang rumahnya, Selasa (19/12/2023). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Proyek pembangunan tol Jogja-Bawen seksi 1 dikeluhkan warga RT 03 di Padukuhan Sanggrahan, Tirtoadi, Mlati, Sleman. Pasalnya, lalu lalang kendaraan di sekitar proyek mengakibatkan rumah warga retak.

Salah satu keluhan diuangkapkan oleh Erwin yang rumahnya hanya berjarak satu meter dari proyek dan hanya terpisahkan sisa bangunan rumah yang telah dirobohkan. Dari belakang rumahnya tampak terlihat jelas tumpukan-tumpukan besi serta aktivitas pengerjaan tol.

Advertisement

Dia mengakui keretakan terjadi di dapur, ruang temah dan di salah satu kamar. “Bangunan rumah sudah ada sejak sebelum tol dibangun. Semenjak ada pembangunan ada retakan-retakan di tembok bagian belakang yang berbatasan dengan area pembangunan,” kata Erwin saat ditemui di rumahnya, Selasa (19/12/2023).

Dia mengakui kerusakan ini sudah disampaikan ke pihak tol dan sempat ada respon dengan mendatangi ke rumah. Hanya saja, hingga sekarang belum ada realisasi untuk perbaikan. “Harapannya bisa diperbaiki,” katanya.

BACA JUGA: Sowan Sultan Jogja, Perwakilan Kementerian PUPR Bahas Percepatan Tol Jogja-Solo

Erwin menduga tembok rumah retak dikarenakan lalu Lalang kendaraan berat, khususnya saat pemadatan calon jalan tol. Selain itu, juga ada karena aktvitas truk pengangkut material tanah urug ke lokasi pengerjaan. “Yang paling terasa pada saat pemadatan dengan alat berat. Rasanya seperti terjadi gempa karena ada getaran-getarannya,” ungkap Erwin.

Kepala Dusun Sanggrahan, Vivi Listyaningrum membenarkan adanya rumah rusak akibat pengerjaan proyek tol di wilayahnya. Menurut dia, ada beberapa dan kerusakan sudah dilaporkan ke pihak yang mengerjakan pembangunan. “Sudah ada respons terkait dengan hal itu [kerusakan rumah],” katanya.

Terpisah, Humas PT Jasamarga Jogja-Bawen, Rizky Nugraha mengatakan, akan mengecek detail kerusakan rumah warga Sanggrahan yang mengalami keretakan. Pihaknya akan berkoordinasi dengan PT Adhikarya selaku kontraktor pelaksana pembangunan jalan tol Jogja-Bawen Seksi 1. “Nanti tim proyek akan kesana untuk mengeceknya,” kata Rizky.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menpora Pastikan PON XXI Aceh-Sumut Digelar Tahun Ini, Persiapan Sudah Matang

News
| Sabtu, 18 Mei 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement