Advertisement

Mencegah Lonjakan Covid-1, Dinkes DIY Segera Pasok Stok Vaksin ke Kabupaten Kota

Yosef Leon
Kamis, 21 Desember 2023 - 15:37 WIB
Maya Herawati
Mencegah Lonjakan Covid-1, Dinkes DIY Segera Pasok Stok Vaksin ke Kabupaten Kota Ilustrasi vaksin Covid/19 / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY akan mendistribusikan vaksin Covid-19 yang diperoleh dari pusat kepada kabupaten kota untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 masa libur akhir tahun nanti. Sebanyak 2.500 dosis vaksin jenis Inavac siap didistribusikan kepada masyarakat untuk menambah daya tahan tubuh terhadap paparan Covid-19.

Kepala Dinkes DIY Pembajun Setyaningastutie mengatakan, distribusi vaksin nantinya ditujukan ke kabupaten kota terutama fasilitas layanan kesehatan (fasyankes). Adapun prioritas yang diberikan meliputi kelompok warga lansia, balita dan disabilitas.

Advertisement

"Untuk komorbid harus tetap dengan rekomendasi dokter yang merawat. Kita imbau masyarakat yang belum booster segera melengkapi vaksinasi booster," katanya, Kamis (21/12/2023).

BACA JUGA: APK Caleg Gerindra Bergambar Prabowo-Gibran di Kota Jogja Dirusak

Pembajun menerangkan, ke depan layanan vaksinasi akan dikoordinasikan dengan fasyankes baik RS dan Puskesmas untuk siap memberikan pelayanan jika ada yang membutuhkan vaksinasi. Selain itu masyarakat juga diminta untuk memperketat penerapan protokol kesehatan saat beraktivitas.

"Menghindari kerumunan apalagi mau Natal dan Tahun Baru. Bukannya gak boleh, boleh tapi membatasi diri. Dilihat ada potensi penularan pakai masker. Punya gejala atau komorbid tetap prokes," jelasnya.

Berdasarkan catatan Dinkes DIY sampai dengan Rabu 20 Desember 2023 lalu terdapat penambahan kasus Covid-19 sebanyak 14 menjadi 61 kasus. "Temuan kasus kebanyakan perjalanan dan ada yang merasa gak enak badan terus pemeriksaan dirawat di rumah sakit. Kami imbau dan menyadarkan masyarakat prokes ditingkatkan dan booster," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

100 Anak Ikut Khitan Massal di Sleman

100 Anak Ikut Khitan Massal di Sleman

Jogjapolitan | 11 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Festival Gunung Slamet Kampanyekan Kelestarian Lingkungan

News
| Minggu, 14 Juli 2024, 07:17 WIB

Advertisement

alt

Bogor Punya Banyak Wisata Alam yang Layak Dikunjungi, Ini Daftarnya

Wisata
| Sabtu, 13 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement