Advertisement

Dukung Pelayanan Digital, Pemkab Bantul akan Perkuat Jaringan Internet Hingga Tingkat Kalurahan

Stefani Yulindriani Ria S. R
Kamis, 21 Desember 2023 - 08:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Dukung Pelayanan Digital, Pemkab Bantul akan Perkuat Jaringan Internet Hingga Tingkat Kalurahan Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTULPemkab Bantul akan memperluas pelayanan jaringan internet hingga tingkat kalurahan. Langkah tersebut bertujuan untuk mendukung pelayanan publik di era digital.

Kepala Diskominfo Kabupaten Bantul Bobot Ariffi' Aidin menyampaikan saat ini Pemkab Bantul telah memasang jaringan Fiber Optic (FO) di 17 kapanewon di Kabupaten Bantul. Pembangunan jaringan FO tersebut dilakukan untuk mendorong digitalisasi pelayanan publik di Kabupaten Bantul.

Advertisement

“Sekarang ini semua pelayanan publik lebih banyak dilakukan secara digital. Pelayanan pemerintahan sekarang pun telah dilakukan secara digital,” katanya saat dihubungi melalui telepon, Rabu (20/12/2023). 

BACA JUGA: 400 Ribu Wisatawan Diprediksi Mengunjungi Bantul Selama Libur Nataru

Penggunaan jaringan FO untuk layanan pemerintahan di tingkat kapanewon, katanya, tidak mengalami kendala. Beberapa layanan pemerintahan seperti sistem persuratan antar instansi di Bantul saat ini telah dilakukan secara digital. Menutnya keberadaan jaringan FO memudahkan akses pelayanan antar instansi. 

Bobot menilai Sumber Daya Manusia [SDM] tingkat kapanewon pun dinilai telah mampu menggunakan sistem persuratan secara elektronik dengan baik. Meski begitu, dia berharap pemanfaatan jaringan FO dapat merambah ke tingkat kalurahan. 

“Kalau yang persuratan elektronik bertahap. Harapannya bisa sampai kesana [kalurahan],” katanya. 

BACA JUGA: Halim dan Joko Ingin Tetap Bersama di Pilkada 2024

Menurut Bobot, Diskominfo Bantul juga telah menyediakan akses wifi publik di sejumlah fasilitas umum dan sekolah. Penyediaan wifi publik tersebut dilakukan untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses informasi. 

Menurutnya di era perkembangan digital akses internet sangat dibutuhkan masyarakat, meskipun saat ini wifi publik belum menyasar ke seluruh sekolah di Kabupaten Bantul, namun Pemkab Bantul akan memperluas jangkauan ke beberapa sekolah yang membutuhkan secara bertahap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Tutup, Karyawan Ucapkan Selamat Tinggal

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement