Advertisement

Becak Kayuh Listrik Resmi Diluncurkan, Beroperasi di Kawasan Sumbu Filosofi Malioboro

Alfi Annisa Karin
Sabtu, 23 Desember 2023 - 12:57 WIB
Sunartono
Becak Kayuh Listrik Resmi Diluncurkan, Beroperasi di Kawasan Sumbu Filosofi Malioboro Peluncuran becak kayuh bertenaga alternatif di Area Parkir Kendaraan Ketandan, Sabtu (23/12) - Harianjogja - Alfi Annissa Karin

Advertisement

Harianjogja.com, GONDOMANAN - Pemda DIY meluncurkan inovasi moda transportasi baru berupa becak kayuh bertenaga alternatif (Berkreatif) di Area Parkir Kendaraan Ketandan Malioboro, Sabtu (23/12/2023). Secara fisik, tak ada perbedaan yang berarti jika dibandingkan dengan becak kayuh konvensional.

Becak kayuh inovasi Pemda DIY ini juga dilengkapi dengan pedal dan tudung becak sebagai pelindung dari panas dan hujan. Bedanya, becak kayuh bertenaga alternatif dilengkapi dengan fitur pedal assist. Setelah pedal dikayuh satu putaran, kelistrikan pada becak akan aktif. Dinamo akan menyala dan membantu menggerakkan roda. Sehingga pengemudi akan lebih ringan dan mudah saat mengayuh becak.

Advertisement

BACA JUGA : Becak Listrik di Malioboro Terus Dikembangkan, Dishub DIY: Targetnya 400 Unit

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DIY Ni Made Dwipanti Indrayanti telah melakukan kajian yang mendalam. Meski dibantu kelistrikan, tapi becak ini tetap dioperasikan dengan cara dikayuh. Hanya saja, akan terasa lebih mudah dan ringan jika dibanding becak konvensional. Sejauh ini, pihaknya telah memproduksi 50 unit becak kayuh listrik. Ke depan, akan terus diproduksi dan targetnya mencapai 400 unit. Sementara, sebagai pilot project becak kayuh ini akan dioperasionalkan di kawasan sumbu filosofis.

"Ini mungkin salah satu bagian menata sumbu filosofi supaya lebih baik dari sisi transportasi terutama dari sisi kendaraan tidak bermotornya, terutama tradisional untuk becaknya," ujar Made saat ditemui di Area Parkir Kendaraan Ketandan Malioboro, Sabtu (23/12).

Dishub DIY tetap melakukan pendampingan bagi para pengemudi yang tergabung dalam koperasi. Ini lantaran becah kayuh listrik ini membutuhkan perlakuan dan perawatan yang berbeda jika dibanding becak konvensional. Sementara itu, becak kayuh listrik ini diharapkan bisa beroperasi mulai awal 2024.

"Kalau menertibkan harus ada solusi, harus ada pilihan. Inilah pilihannya. Kami sudah melakukan pendekatan cukup lama, bertahun-tahun," imbuhnya.

BACA JUGA : Trans Jogja Dikonversi Jadi Bus Listrik, Dukung Malioboro Rendah Emisi

Dirlantas Polda DIY Kombes Pol Alfian Nurrizal menyambut baik peluncurkan becak kayuh listrik ini. Baginya, ini menjadi bagian dari upaya mewujudkan zero polusi. Teknis becak kayuh listrik yang masih dioperasionalkan dengan cara dikayuh ini tidak menghilangkan ketradisionalan becak. Dia juga memastikan, kendaraan ini telah memenuhi legalitas undang-undang transportasi dan diakui sebagai tranaportasi publik.

"Ini adalah transportasi publik. Ini adalah deskresi daripada moda transportasi. Dan ini tidak menghilangkan ketradisionalan, sehingga betul-betul Jogja adalah kota yang sangat berbudaya," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gus Halim Yakin Prabowo Punya Komitmen Tinggi Majukan Desa

News
| Minggu, 12 Mei 2024, 08:17 WIB

Advertisement

alt

Hanya 85 Meter, Ini Perbatasan Negara Terkecil di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement