Advertisement

Kasus Covid-19 Bantul Kembali Meningkat, Dinkes Bantul Imbau Terapkan Prokes

Stefani Yulindriani Ria S. R
Rabu, 27 Desember 2023 - 19:27 WIB
Mediani Dyah Natalia
Kasus Covid-19 Bantul Kembali Meningkat, Dinkes Bantul Imbau Terapkan Prokes Foto ilustrasi: Sampel darah untuk pengujian virus corona. - REUTERS

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Kasus Covid-19 di Kabupaten Bantul kembali mengalami peningkatan. Untuk mengantisipasi peningkatan kasus, Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul mengimbau agar masyarakat menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Kepala Dinkes Kabupaten Bantul, Agus Tri Widiyantara menyampaikan per 26 Desember 2023 ada 24 pasien Covid-19, dari jumlah tersebut ada 12 pasien yang dirawat di RS karena bergejala. 

Advertisement

"Yang dirawat di RS yang dengan gejala, yang isolasi mandiri [isoman] tanpa gejala," katanya saat dihubungi melalui telepon, Rabu (27/12/2023).

Menurut Agus saat ini pasien Covid-19 didominasi pasien usia produktif. Saat ini seluruh pasien Covid-19 di Kabupaten Bantul merupakan warga Kabupaten Bantul. 

Baca Juga

5 Kasus Baru Covid-19 Ditemukan di Kota Jogja, Begini Kondisinya

Covid-19 Muncul Lagi, Dinkes Jogja Minta Masyarakat Segera Vaksin

Luar Biasa! Kekebalan Tubuh Warga Jogja terhadap Covid-19 Capai 99%

Hingga saat ini menurut Agus, pihaknya belum mendapatkan informasi lebih lanjut dari fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) terkait mengenai varian Covid-19 yang menyerang beberapa pasien tersebut.

Dia menyampaikan upaya tracking (pelacakan), tracing (penelusuran) dan testing (pengujian) dalam mendeteksi sebaran kasus Covid-19 terus dilakukan untuk memutus rantai penularan Covid-19. 

Selain itu, Dinkes Kabupaten Bantul pun terus melakukan vaksinasi Covid-19 untuk mengantisipasi peningkatan kasus. 

Dia menyampaikan ada beberapa puskesmas di Kabupaten Bantul yang tetap melayani vaksinasi Covid-19 selama Nataru. Vaksinasi tersebut dapat diakses warga Kabupaten Bantul maupun luar daerah yang berkunjung ke Kabupaten Bantul. Beberapa faskes yang menyediakan layanan vaksin antara lain RSPAU Dr. Suhardi Hardjolukito, Puskesmas Imogiri, Puskesmas Bantul I, Puskesmas Sanden, Puskesmas Pundong, Puskesmas Pleret, dan Puskesmas Bambanglipuro. 

Dia menyampaikan selama Nataru persediaan vaksin di Kabupaten Bantul mencapai sekitar 850 dosis vaksin Inavac. Apabila persediaan vaksin tersebut hampir habis, maka pihaknya akan mengajukan tambahan vaksin ke Dinkes DIY. 

Agus pun mengimbau masyarakat agar menerapkan prokes untuk mengantisipasi peningkatan kasus. 

“Imbauan kepada masyarakat untuk cuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer, apabila menderita sakit saluran pernafasan selalu memakai masker,” katanya. 

Sementara bagi masyarakat yang memiliki komorbid, dia mengimbau agar menggunakan masker saat berada di area publik. Dia juga meminta masyarakat segera memeriksakan diri ke fasyankes apabila mengalami gejala penyakit Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
100 Anak Ikut Khitan Massal di Sleman

100 Anak Ikut Khitan Massal di Sleman

Jogjapolitan | 12 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Terduga Penembak Donald Trump Tewas Ditembak, Motif Masih Diselidiki

News
| Minggu, 14 Juli 2024, 08:47 WIB

Advertisement

alt

Bogor Punya Banyak Wisata Alam yang Layak Dikunjungi, Ini Daftarnya

Wisata
| Sabtu, 13 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement