Advertisement

Kunjungan Tembus 5.000 Per Hari Selama Liburan, Begini Cara Taman Pintar Mengelola Sampah

Alfi Annisa Karin
Kamis, 28 Desember 2023 - 15:57 WIB
Arief Junianto
Kunjungan Tembus 5.000 Per Hari Selama Liburan, Begini Cara Taman Pintar Mengelola Sampah Proses pengolahan sampah di Taman Pintar. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Salah satu destinasi wisata edukasi, Taman Pintar mengalami kenaikan jumlah kunjungan selama libur Natal dan Tahun Baru. Peningkatan mulai terjadi pada awal-awal musim liburan tiba.

Kepala Seksi Kerja Sama dan Pemasaran UPT Pengelolaan Budaya Kota Jogja Karmila menuturkan, kenaikan bahkan mencapai 50% jika dibandingkan dengan hari biasa.

Advertisement

"Atau sekitar 5.000 pengunjung. Jumlah tersebut naik signifikan dibandingkan pada hari biasa yang hanya sekitar 3.000 orang per harinya," ujar Karmila, Kamis (28/12).

Dia menambahkan, bulan Desember ini pihaknya mengejar target jumlah kunjungan sebanyak 70.000 orang. Hal ini lantaran Taman Pintar diharapkan mampu mendatangkan 800.000 pengunjung sepanjang 2023.

Kenaikan jumlah kunjungan ini turut meningkatkan pula produksi sampah di kawasan Taman Pintar. Dalam hari-hari normal saja, produksi sampah di Taman Pintar mencapai 750 kilogram.

Untuk itu, sejumlah upaya turut dilakukan untuk menekan produksi sampah. Misalnya, dengan melakukan pemilahan sampah.

Tong-tong sampah juga telah disediakan. Terbagi menjadi beberapa kategori sampah. "Harapannya, wisatawan membuang sampah sesuai jenis sampahnya,” katanya.

BACA JUGA: Akhir Tahun, Taman Pintar Kejar Target 30 Ribu Kunjungan Wisatawan

Kebanyakan sampah di Taman Pintar adalah sampah botol dan kemasan makanan. Setelah dipilah, Karmila mengatakan jumlah sampah akan menyusut hingga tinggal tersisa 75 kilogram.

Ini merupakan sampah yang tak lagi bisa didaur ulang. Meliputi sampah basah, sisa makanan, dan minuman. Selain pemilahan sampah, pencacahan sampah organik juga dilakukan. Selanjutnya akan dimasukkan dalam lubang biopori.

Karmila berupaya untuk menekan sampah residu seminimal mungkin. Sehingga ini juga akan memudahkan kinerja DLH Kota Jogja. "Sehingga, pihak DLH hanya seminggu sekali datang mengambil sampah di Taman Pintar,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Puluhan Benda Bersejarah dari Masa Majapahit, Dikembalikan AS ke Indonesia dan Kamboja

News
| Sabtu, 27 April 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement