Advertisement

Wuih! Perayaan Tahun Baru di Kawasan Gumaton Sisakan 30 Ton Sampah

Alfi Annisa Karin
Senin, 01 Januari 2024 - 16:27 WIB
Arief Junianto
Wuih! Perayaan Tahun Baru di Kawasan Gumaton Sisakan 30 Ton Sampah Suasana keramaian di area sekitar Tugu Pal Putih sesuai pesta perayaan Tahun Baru 2024. - JitV

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Saat malam pergantian tahun, Minggu (31/12/2023) masyarakat tumpah ruah di kawasan Malioboro. Mereka berkumpul untuk menyaksikan pesta kembang api sebagai tanda mengawali Tahun 2024. Banyaknya orang di sana sejalan dengan banyaknya juga produksi sampah, mulai dari sampah plastik untuk alas duduk hingga plastik kemasan minuman.

Kabid Pengolahan Persampahan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Jogja mencatat sampah banyak ditemui pada jalan-jalan di luar kawasan Tugu, Malioboro, Kraton (Gumaton) atau di sekitar Tugu.

Advertisement

Misalnya, di Jalan Sudirman sebelum Tugu hingga Jalan Diponegoro. Sementara, dari arah timur sampah banyak ditemui di Jembatan Gondolayu hingga ke Tugu. Lalu, ada juga titik sampah di wilayah Senopati. Dia menyebut, tak ada persiapan khusus berupa penambahan personel.

"Normal saja, cuma kami hadirkan lebih pagi. Biasanya jam 07.00 WIB semuanya sudah bersih. Kami perkirakan maju sedikit lah jam 06.00 WIB harus selesai, ternyata kok agak terkaget juga tadi," kata Haryoko, Senin (1/1/2024).

Haryoko menuturkan volume sampah di sirip-sirip jalan di sekitar Tugu saja mencapai 15 ton.

Seluruhnya diangkut menggunakan tiga unit truk. Sementara, untuk sampah di dalam kawasan Gumaton juga mengalami kenaikan volume sampah.

Haryoko mengatakan, berdasarkan laporan Dinas Kebudayaan, setidaknya ada dua compactor yang dioperasionalkan. Ini setara dengan sekitar 14 ton sampah.

BACA JUGA: Libur Tahun Baru, Volume Sampah di Pantai Selatan Bantul Naik Lima Kali Lipat

Dengan begitu, total sampah dari luar dan dalam kawasan Gumaton mencapai kurang lebih 30 ton.

Sampah-sampah ini, lanjut Haryoko, dibawa ke TPS 3R Nitikan. Lantaran di sana telah dilengkapi mesin press dan siap mengolah sampah yang diangkut dari kawasan Gumaton. "Sebagian lagi dibawa ke depo, teman-teman pengangkutan sudah milahi. Jadi, memang dari tiga truk yang kami operasionalkan tadi pagi Alhamdulilah sudah sesuai, sudah kami selesaikan tanpa perlu dibawa ke TPA," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dukung Semangat Kolaborasi Demi Masa Depan UMKM Indonesia, Ini yang Dilakukan Astra

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 03:17 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement