Advertisement

Perpustakaan Kota Jogja Akan Gelar Pelatihan Pembuatan Bunga Kering

Lugas Subarkah
Rabu, 10 Januari 2024 - 21:47 WIB
Mediani Dyah Natalia
Perpustakaan Kota Jogja Akan Gelar Pelatihan Pembuatan Bunga Kering Sejumlah peserta mengikuti kelas Inkubasi Literasi DPK Kota Jogja sebelumnya, beberapa waktu lalu. - ist Pemkot Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Jogja kembali menggelar program inkubasi literasi. Bulan ini, program Inkubasi Literasi akan memberikan pelatihan pembuatan kreasi bunga kering.

Kepala DPK Kota Jogja, Afia Rosdiana, menjelaskan program tersebut merupakan kegiatan peningkatan keterampilan berbasis perpustakaan. Kali ini tema yang diangkat adalah kreasi bunga kering. Dipilihnya tema tersebut lantaran bunga adalah salah satu aksesoris yang dapat menambah keindahan dan keasrian ruangan.

Advertisement

"Akhir-akhir ini bunga kering yang diawetkan popularitasnya mengalami peningkatan, meski terkesan sederhana namun bunga kering dapat menjadi rangkaian yang dapat menambah estetik ruangan," ujarnya Rabu (10/1/2024).

Program tersebut selain dapat menambah pengetahuan tentang pemanfaatan potensi lingkungan, juga akan menambah keterampilan bagi peserta. Dengan demikian, bekal yang diperoleh dapat dikembangkan menjadi lahan bisnis sehingga masyarakat menjadi lebih berdaya.

"Mereka nantinya akan diberi pelatihan bagaimana cara mengolah bunga kering tersebut menjadi hiasan, cinderamata, maupun benda-benda lainnya. Hasil dari kreativitas peserta ini dapat menjadi karya yang unik, elegan, dan memiliki nilai jual yang tinggi,"ungkapnya.

Baca Juga

Ini 2 Perpustakaan di Kota Jogja yang Buka 20 Jam Sehari

11 Perpustakaan Sekolah di Kota Jogja Jalani Akreditasi

Perpustakaan Kota Jogja Kembali Buka Layanan

Kegiatan ini dapat diikuti oleh masyarakat umum Kota Jogja dengan usia minimal 13 tahun dan memiliki kartu tanda anggota (KTA) Perpustakaan Kota Jogja. “Peserta belum pernah mengikuti kelas inkubasi sebelumnya," jelasnya.

Dengan adanya program tersebut, ia berharap perpustakaan dapat menjadi ruang berbagi pengalaman, ruang belajar kontekstual, dan ruang berlatih keterampilan. “Jadi perpustakaan tidak hanya sebatas sebagai tempat untuk membaca atau memberikan layanan peminjaman buku,” katanya.

Penanggungjawab Inkubasi Literasi DPK Kota Jogja, Putri Ayu Supardi, menuturkan program ini akan dilaksanakan pada 12 dan 19 Januari 2024, pukul 13.00-14.30 WIB di Perpustakaan Kota Jogja, Jalan Suroto No. 9, Kotabaru. 

"Tanggal 12 akan diberikan pelatihan teknik mengeringkan bunga dan pewarnaan bunga, dan akan kami beri contoh beberapa hasil kerajinan dari bunga kering. Sedangkan tanggal 19 akan diberi pelatihan membuat beberapa kreasi dari bunga kering bisa dalam bentuk hiasan dinding, hantaran pengantin, bando, dan sebagainya," kata dia.

Kuota pesertanya maksimal 10 orang dan pendaftaran akan ditutup jika kuota sudah terpenuhi. Peserta juga diwajibkan membawa vas bunga atau botol kaca, serta gelas kaca. Jika belum bisa mengikuti kelas pada bulan ini, masyarakat masih bisa mengikuti di bulan lainnya.

"Tiap bulan temanya selalu berganti-ganti dan respon masyarakat sangat baik. Setiap bulannya pasti kuotanya terpenuhi, bahkan sampai melebihi dari jumlah kuotanya. Peserta pelatihan biasanya beragam, mulai dari anak-anak, ibu-ibu, dan anak muda," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mendagri Sebut Pilkada 2024 Telan Anggaran hingga Rp27 Triliun

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement