Advertisement

Kata Wapres Ma'ruf Amin Soal Indonesia Berupaya Jadi Pusat Halal Dunia

Catur Dwi Janati
Rabu, 10 Januari 2024 - 20:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
Kata Wapres Ma'ruf Amin Soal Indonesia Berupaya Jadi Pusat Halal Dunia Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin saat berada di Kantor Kapanewon Prambanan pada Selasa (9/1/2024). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin mengungkapkan bila pemerintah tengah berupaya membuat Indonesia menjadi pusat halal dunia.

"Saya kira pemerintah sudah membuat supaya kita [Indonesia] itu menjadi pusat halal dunia dan kita sudah punya standar halal. Sudah ada lembaganya yang menangani," kata Ma'ruf pada Selasa (9/1/2024) di Kantor Kapanewon Prambanan.

Advertisement

Harapan itu perlahan mulai terlihat dengan banyaknya negara-negara dunia yang bekerja sama dengan Indonesia terkait setifikasi halal. Hal itu turut didukung dengan adanya Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) di Indonesia.

"Karena itu kita memberikan asistensi bukan saja untuk di dalam negeri, tapi juga di luar negeri. Kita punya lembaga-lembaga yang kita buat ada di Korea, namanya lembaga Ini Halal Korea, ada di China, yang saya kunjungi di Shanghai itu namanya Al-Amin," imbuhnya.

Baca Juga

UGM Kini Punya Halal Center

Sandiaga Uno Yakin Indonesia Bisa Jadi Pusat Industri Halal Dunia

OPINI: Menggenggam Pasar Global Dengan Industri Halal

Menurut Ma'ruf ada dua skema kerja sama sertifikasi halal di luar negeri. Pertama kerja sama denagn negara tujuan yang nantinya sertifikasi halalnya akan dikeluarkan dari negara setempat. Namun ada pula skema kerja sama dengan negara lain yang sertifikasinya ada di Indonesia.

"Apa mereka hanya menjadi semacam lembaga pengelola yang lembaga sertifikasinya di Indonesia atau mereka ada lembaga sampai kepada sertifikasi sendiri. Artinya kita hanya mengendorse saja, endorse artinya memberikan bimbingan dan pengakuan," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gugatan Kubu Pontjo Sutowo Ditolak PTUN, Penyegelan Hotel Sultan Sah

News
| Selasa, 07 Mei 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement