Advertisement

Siapakan 7.445 Surat Suara Tambahan, KPU Buka Posko di Kampus Wates

Triyo Handoko
Kamis, 11 Januari 2024 - 23:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
Siapakan 7.445 Surat Suara Tambahan, KPU Buka Posko di Kampus Wates Suasana posko layanan pindah memilih di IKIP PGRI Wates yang diminati banyak mahasiswa luar daerah, Rabu (10/1 - 2023). Dok KPU Kulonprogo

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—KPU Kulonprogo masih menggalakkan pendaftaran pemilih tambahan bagi warga luar wilayah yang akan memilih di Bumi Binangun. Penggalakan daftar pemilih tambahan (DPTb) tersebut dilakukan KPU Kulonprogo dengan menghadirkan posko pendaftaran DPTb.

Posko layanan pindah memilih ini terbaru didirikan di dua kampus, yaitu IKIP PGRI Wates dan UAD Wates. Petugas yang melayani posko tersebut dari panitia pemilihan kecamatan (PPK) Wates dan Pengasih, menyesuaikan lokasi dua kampus tersebut.

Advertisement

Selama pendirian posko tersebut setidaknya sudah ada 42 mahasiswa luar daerah yang mendaftar, 37 orang dari IKIP PGRI Wates dan lima orang dari UAD Wates. "Desember lalu kami sudah membuka posko layanan pindah memilih di UNY Kampus Wates, hari ini kami buka posko di dua kampus lainnya di Kulonprogo,” ujar Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Kulonprogo Ria Herlinawati, Kamis (11/1/2023).

Baca Juga

KPU Kulonprogo Terima Satu Juta Lebih Surat Suara untuk Pemilu 2024

KPU Kulonprogo Targetkan Pelipatan Surat Suara Pemilu 2024 Rampung dalam 11 Hari

Komisioner KPU Kulonprogo, Hidayatut Thoyyibah: Cegah Kelompok yang Buruk Berkuasa

Ria menjelaskan mahasiswa luar daerah tetap akan dilayani untuk mengurus perpindahan memilih hingga Senin (15/1/2023). "“Bagi mahasiswa yang belum sempat mengurus pindah

memilih di posko layanan kami tadi, silakan dapat mengurus di KPU Kulonprogo kantor PPK setempat paling lambat 15 Januari 2024,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kulonprogo Budi Priyana menjelaskan pihaknya sudah menyiapkan 7.445 surat suara untuk DPTb. "Bagi pemilih pindahan sudah kami siapkan surat suarnaya, sebanyak 7.445 buah," tuturnya.

Budi menyebut 7.745 surat suara tambahan itu sesuai aturan yang berlaku dimana tiap tempat pemungutan suara (TPS) menyediakan 2% surat suara tambahan. "Dari jumlah TPS secara kumulatif mendapat jumlah surat suara tambahan sebesar itu sesuai peraturan yang ada," jelasnya.

KPU Kulonprogo, lanjut Budi, akan berupaya maksimal melindungi hak pilih dalam Pemilu 2024 ini bagi seluruh masyarakat. "Sehingga kami imbau untuk segera mengurus karena tinggal beberapa hari lagi, syaratnya cukup KTP dan sudah terdaftar sebagai DPT di daerah asalnya, serta menyertakan surat tugas atau keterangan domisili di Kulonprogo," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tak Cuma -O, Peneliti Kini Siapkan Golongan Darah Universal Baru

News
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement