Advertisement

Kebakaran di RS Panti Nugroho, Seluruh Pasien Dipastikan Aman

Catur Dwi Janati
Sabtu, 13 Januari 2024 - 09:07 WIB
Maya Herawati
Kebakaran di RS Panti Nugroho, Seluruh Pasien Dipastikan Aman Suasana pemadaman api di RS Panti Nugroho oleh sejumlah tim gabungan pada Jumat (12/1/2024). - Istimewa // BPBD Sleman

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Rumah Sakit (RS) Panti Nugroho di Pakem, Sleman kebakaran Jumat (12/11/2023) sore. Dalam insiden ini pihak rumah sakit memastikan bahwa semua pasien aman dan kebakaran terjadi di ruang administrasi menghanguskan sejumlah berkas serta komputer. 

Direktur RS Panti Nugroho, dr. Henry Widyanto Handoko Saputro menceritakan kebakaran terjadi pada ruang Sekretariat Gedung Administrasi Terpadu Panti Nugroho. Hingga berita ini ditulis pada Jumat sore, Henry sendiri belum mengetahui penyebabnya terjadinya kebakaran.

Advertisement

Ia memastikan letak ruangan yang terbakar terpisah dari gedung perawatan sehingga semua pasien aman.

"Kebakaran ini diketahui pertama kali oleh salah satu staf rumah sakit yang sedianya akan masuk ke gedung administrasi terpadu sekitar pukul 15.59 WIB dan segera menginformasikan terjadinya kebakaran," kata Henry, Jumat (12/1/2024) malam.

Meski belum mengetahui penyebab pasti terjadinya kebakaran, Henry mengungkapkan jika akibat kebakaran sebagian ruang administrasi, berkas-berkas administrasi dan beberapa komputer terbakar.

Humas RS Panti Nugroho, A. Budi Purwanto menceritakan kronologi kejadian yang dihimpun humas. Mulanya seorang staf melihat melihat kepulan asap hitam di ruangan. Melihat kejadian tersebut yang bersangkutan lantas memanggil satpam dan petugas parkir untuk melakukan pemadaman.

Satpam dan petugas parkir kemudian berusaha memadamkan api menggunakan APAR melalui pintu belakang. Sayangnya upaya ini tidak membuahkan hasil.

Karena api tidak berhasil dipadamkan, pihak RS Panti Nugroho Pakem meminta bantuan Damkar Sleman untuk mengatasi kebakaran. Satu jam kemudian api dinyatakan padam dan aman pada pukul 17.30 WIB.

"Sementara itu dampak dari kejadian kebakaran RS Panti Nugroho belum dapat dikalkulasi," katanya.

RS Panti Nugroho lanjut Purwanto secara khusus mengucapkan terima kasih atas bantuan dan kerja keras dari sukarelawan, BPBD DIY, Damkar Sleman dan masyarakat yang bahu membahu membantu mengatasi kebakaran. Sehingga musibah ini bisa teratasi.

BACA JUGA: Piala Asia 2023 Bergulir di 2024, Ini Jadwal Lengkap hingga Partai Final

Kapolsek Pakem, AKP Samiyono yang memantau proses pemadaman kebakaran di kompleks rumah sakit memastikan tidak ada korban jiwa akibat insiden ini. Hanya saja sejumlah berkas administrasi dan komputer ikut terbakar oleh api.

"Tidak ada korban jiwa dan semua aman. Hanya berkas-berkas administrasi dan komputer yang ada di dalam ruang tersebut. Saat ini tim inafis Polres Sleman sedang melakukan penyelidikan dan penyebab kejadian ini menunggu dari mereka," tegasnya.

Sedangkan Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman, Bambang Kuntoro menambahkan bila karyawan sempat mengeluarkan beberapa aset dan komputer yang bisa diselamatkan. Dari kalkulasi Bambang, kerugian dari kebakaran di RS Panti Nugroho ini mencakup dua ruang arsip, berkas dan sejumlah komputer yang tidak mampu diselamatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Didukung Koalisi Besar, RK-Suswono targetkan Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

News
| Senin, 16 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement