Advertisement

Asah Keilmuan, Poltekkes Kemenkes Jogja Lepas Mahasiswa KKN di Magelang

Yosef Leon
Selasa, 16 Januari 2024 - 12:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
Asah Keilmuan, Poltekkes Kemenkes Jogja Lepas Mahasiswa KKN di Magelang Suasana pelepasan KKN mahasiswa Program Studi Sarjana Terapan Sanitasi Poltekkes Kemenkes Jogja ke Soronalan, Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Senin (15/1 - 2024). Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Poltekkes Kemenkes Jogja Program Studi Sarjana Terapan Sanitasi melepas keberangkatan mahasiswa untuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) ke Soronalan, Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Program KKN di luar DIY ini merupakan yang perdana dilakukan guna mengasah kemampuan ilmu mahasiswa dan membantu persoalan masyarakat di lapangan. 

Ketua Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Jogja Bambang Suwerda mengatakan KKN tahun ini pihaknya mengambil tema implementasi kerja sama industri akademisi dan komunitas dalam mewujudkan sanitasi lingkungan yang sehat bersih dan nyaman. Mahasiswa akan menjalani pembelajaran di luar kampus pada 15 Januari sampai 12 Februari di 11 lokasi. 

Advertisement

"Kegiatan KKN merupakan program yang wajib diikuti mahasiswa untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral dalam suatu waktu tertentu," katanya, Selasa (16/1/2024). 

Bambang menyebut lewat KKN itu mahasiswa diharapkan mendapat pengalaman belajar bersama masyarakat, mengidentifikasi potensi, dan menangani permasalahan yang ada di lapangan. Selain itu juga tercipta kondisi yang saling menguntungkan bagi semua pihak, meningkatkan kemampuan berpikir, bersikap dan bertindak di dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang dihadapi secara langsung di masyarakat. 

Baca Juga

Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Gelar The 7th International Conference on Health Science 2020  

Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Gelar Vaksinasi Massal

Cegah Stunting, Poltekkes Kemenkes Jogja Deklarasi Desa Literasi Kesehatan di Umbulrejo

Peserta KKN sebanyak 67 orang mahasiswa yang memiliki berbagai kompetensi utama dalam banyak bidang mulai pengolahan sampah, penyehatan tanah, penyehatan air, pengolahan limbah cair, pengendalian vektor binatang pengganggu, penyehatan udara, penyehatan makanan minuman, pemberdayaan masyarakat serta kompetensi pendukung berupa kesehatan dan keselamatan kerja dan lainnya. 

"Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan berupa penyuluhan, pelatihan dan diskusi tentang berbagai permasalahan sanitasi lingkungan yang ada di masyarakat. Mahasiswa juga diharapkan untuk memperdalam pengertian terhadap cara berpikir dan bekerja secara kolaborasi dan multidisiplin antara industri, akademik, dan masyarakat dalam bidang sanitasi lingkungan," katanya. 

Kaprodi STr Sanitasi Lingkungan Poltekkes Kemenkes Jogja Naris Dyah Prasetyawati menyatakan, KKN ini merupakan program rutin dan menjadi mata kuliah wajib bagi mahasiswa tingkat akhir prodi STr Sanitasi Lingkungan. Program tahun ini perdana dilakukan di luar Daerah Istimewa Yogyakarta. 

"Harapannya supaya apa yang kita upayakan untuk melakukan kegiatan pengabdian dan pembelajaran dapat dilakukan secara lebih luas dan tepat sasaran," ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Komisaris HAM PBB Prihatin dengan Sikap Polisi AS yang Membubarkan Aksi Mahasiswa Pro Palestina

News
| Rabu, 01 Mei 2024, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement